Mohon tunggu...
Taufik Hasibuan
Taufik Hasibuan Mohon Tunggu... Guru Alif Alif

Guru Alif Alif

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru Godang (Tanggung Jawab Para Pendidik)

23 Februari 2020   13:01 Diperbarui: 23 Februari 2020   12:58 1 0 0 Mohon Tunggu...

Guru Godang (Tanggung Jawab Para Pendidik)
Tantangan Menulis Hari Ke 40
#TantanganGurusiana

Memilih profesi sebagai guru, maka bersedia untuk memikul beban yang cukup berat, serta tanggung jawab yang begitu banyak. Sehingga peran ini tidak sembarangan dilakoni oleh setiap orang, hanya mereka yang memiliki motivasi yang tinggi yang bersedia memikul beban yang cukup berat ini. Sehingga para Guru, memiliki tempat yang cukup istimewa dalam pandangan Islam. Sekaligus sebagai pewaris dari pada para Nabi, dan lentera dalam kehidupan bermasyarakat.

Terlebih di era ini, dimana seorang guru dituntut untuk lebih baik, bahkan harus menjadi manusia terbaik yang tidak boleh salah. Apalagi jika kita lirik, undang undang Guru dan Dosen, Sisdiknas. Terlebih saat ini adanya perlindungan Anak, Undang undang HAM, yang tidak cukup hanya kompetensi Keilmuan dan keguruan, tapi dituntut harus memahami undanga perlindungan anak, dan HAM. Hampir dari segala arah, guru menjadi bahan perbincangan yang tidak ada habisnya. Seakan persoalan Guru adalah persoalan yang paling urgen dalam kehidupan manusia.

Selain itu, peran guru yang begitu sakral dalam kehidupan ini memiliki tanggung jawab dalam perkembangan dan pemenuhan hak pendidikan generasi. Ditangan gurulah tanggung jawab ini dipikulkan. Mereka diberi amanah untuk menata kehidupan umat manusia, sebagai generasi yang akan datang yang meneruskan cita cita dan harapan pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam hal ini, kita perlu kembali menata dan mendefenisikan ulang apa yang menjadi tanggung jawab para pendidik. Sehingga masing masing memahami apa yang harus dilakukan dan dilaksanakan dalam setiap proses belajar mengajar. Berikut ini diantara tanggung jawab yang diemban oleh para pendidik, yang kita kutip dari salah satu buku best seller. Yang di tulis oleh seorang ulama besar Abdullah Nasih Ulwan, berasal dari Suriah kota Huban lahir 1928. Tepatnya di daerah Qodhi Asqar.
1. Tanggung Jawab Pendidikan Iman
2. Tanggung Jawab Pendidikan Moral
3. Tanggung Jawab Pendidikan Fisik
4. Tanggung Jawab Pendidikan Akal
5. Tanggung Jawab Pendidikan Kejiwaan
6. Tanggung Jawab Pendidikan Sosial
7. Tanggung Jawab Pendidikan Seks

Inilah tanggung jawab yang diemban oleh seorang guru, sehingga guru profesional tidak hanya diukur dengan "administrasi". Namun jauh dari itu mereka harus bertanggung jawab, mulai dari  dalam hingga luar diri seorang peserta didik. Mereka yang bercita cita mengemban amanah ini, harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Tentunya tanggung jawab ini, tidak hanya berlaku di sistem pemerintahan bernegara. Namun jauh dari itu, tanggung jawab dihadapan Tuhan pemilik alam. Sehingga ketika para pendidik memahami tanggung jawab ini, mereka tidak main main dalam menyelenggarakan dunia pendidikan sebaik baiknya.

VIDEO PILIHAN