Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

"Hotelier's Story: Pernak-pernik Dunia Hospitality" Buku yang Bermanfaat bagi Semua Kalangan

4 Desember 2021   06:13 Diperbarui: 4 Desember 2021   12:14 246 51 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto : Dokumentasi pribadi

Salah satu manfaat menulis di Kompasiana bagi saya yaitu memiliki banyak teman dan sahabat literasi. Walupun belum bertemu secara langsung, tetapi antara sesama kompasiner bisa saling berinteraksi dan saling menyapa sehingga terjalin keakraban dan persahabatan.

Dari sekian banyak penulis, ada seseorang kompasiner yang sering berkunjung ke halaman artikel saya dan selalu memberikan komentar yaitu Mbak CL Patterson yang biasa dipanggil dengan sebutan Mbak Patter. Nama yang tidak asing bagi para kompasianer, karena beliau rajin melakukan blogwalking ke para penulis yang lainnya.

Saya dan Mbak Patter berada di satu komunitas yang sama yaitu Inspirasiana, yang sangat peduli dengan literasi. Walaupun belum pernah saling berkirim pesan secara pribadi, tetapi melalui grup perpesanan semua anggota sering berinteraksi dan saling memberikan dukungan.

Sayapun tidak menyangka sama sekali mendapatkan hadiah sebuah buku karya Mbak Patter yang berjudul "Hotelier's Story: Pernak-pernik Dunia Hospitality" Seri 1, yang dikirim langsung dari penerbitnya. Tentu saja saya merasa senang dan penasaran dengan isi buku ini.

Ketika membuka halaman pertama, ada testimoni tentang buku. Perhatian saya tertarik dengan nama-nama yang memberikan testimoni yaitu para Kompasiner yang sudah tidak asing lagi yaitu Bapak Tjiptadinata Effendi dan Ibu Roselina, Bapak Tonny Syahriel, Bapak Bobby Steven (Ruang Berbagi), Bapak Katedrarajawen, Sr. Maria Monika SND, Bapak Alip Yog Kusnandar dan Mbak Fatmi Sunarya.

Dalam testimoninya, para kompasiner mengucapkan selamat kepada Mbak Patter dan menyambut baik dengan kehadiran buku pertama ini.  Banyak hal yang diulas dalam buku ini, bukan hanya tentang dunia perhotelan dan pelayanan saja.  Tetapi ada aspek kehidupan yang menyeluruh, sehingga buku ini direkomendasikan untuk dibaca oleh praktisi perhotelan ataupun pembaca umum.

Setelah halaman judul adalah halaman yang berisi identitas buku yaitu jumlah halaman, no ISBN, nama penulis, nama yang mendesign cover dan yang mengatur tata letak. Saya tidak menemukan nama editor, berarti Mbak Patter yang melakukan swasunting terhadap tulisan yang ada di buku ini.

Halaman selanjutnya ada dua kata pengantar, salah satunya adalah dari Bapak Nurulloh (Chief Operating Officer Kompasiana) dan pra kata dari penulis. Mbak Patter berharap buku ini bermanfaat bagi hotelier dalam meniti karir yang diimbangi dengan hati yang bertakwa, sikap santun dan berintegritas tinggi.

Sedangkan untuk pembaca non hotelier, Mbak Patter berharap para membaca dapat memetik banyak pengetahuan serta pelajaran berharga yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya.

Bagi yang sudah terbiasa membaca artikel Mbak Patter di Kompasiana, pastinya sudah hafal dengan gaya tulisannya yang renyah dan asyik untuk dibaca serta di penutup tulisan tentang perhotelan selalu ada salam khas yaitu salam hospitality

Kebanyakan tulisannya dibuat berdasarkan pengalaman pribadi selama Mbak Patter menjadi hotelier, yaitu sejak tahun 1989. Tulisan yang dibuat sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman berharga sehingga tulisannya terkesan mengalir, tanpa menggurui dan sarat makna.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan