Mohon tunggu...
Skolastika N O I
Skolastika N O I Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa semester 5

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pembukaan Mahasiswa Baru, Program Pascasarjana UAJY Jelaskan Kerja Sama Instansi Luar Negeri

28 Oktober 2020   13:11 Diperbarui: 28 Oktober 2020   15:27 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan Mahasiswa Baru, Program Pascasarjana UAJY Jelaskan Kerja Sama Instansi Luar Negeri
Sumber gambar: free-apply.com

JOGJA, (26/10/2020)- Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta memberi penjelasan terkait kerjasama dengan perguruan tinggi dari luar negeri. Pada Kamis (22/10/2020), program pascasarjana dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar konferensi pers melalui video conference zoom.

Konferensi press yang dipandu oleh Yohanes Widodo selaku dosen dari fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, mengundang empat narasumber yang merupakan pengelola program pascasarjana (UAJY). Narasumber tersebut terdiri dari direktur program pascasarjana yaitu Prof Dr. Ade Lisantono dan tiga ketua program studi pascasarjana.

Tiga ketua program studi pascasarjana yang menjadi pembicara adalah Dr. Phil. Lukas. S. Ispandriarno dari program studi pascasarjana Ilmu Komunikasi, Dr. Parama Kartika Dewa Soetrisna Putra, S.T., M.T dari program studi pascasarjana Teknologi Industri, dan Dr. Ir. Imam Basuki, M.T dari program studi pascasarjana Teknik Sipil.  

Pada konferensi pers yang dilakukan, Ade Lisantono selaku direktur program pascasarjana UAJY mengatakan bahwa program pascasarjana telah membuka kerjasama dengan beberapa instansi luar negeri, negara-negara instansi yang dipilih dalam kerjasama adalah negara Inggris, Jerman, Filipina, Taiwan, Malaysia, Jepang, Vietnam, dan Rumania.

Ia juga menjelaskan bahwa pada tahun ini, program pertukaran pelajar dan penelitian untuk pengambilan thesis harus dibatalkan karena adanya pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh negara. Sehingga program thesis yang di haruskan diambil di luar negeri, terpaksa di batalkan dan dirubah menjadi pengambilan thesis dalam negeri.

Kepala program studi pascasarjana Ilmu Komunikasi, Dr. Phil. Lukas. S. Ispandriarno juga menambahkan, ada dua program kegiatan dari kerjasama instansi luar negeri. Pertama ada program research yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen UAJY, dan kedua ada program kegiatan konferensi internasional yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang.

Ketua program studi pascasarjana Ilmu Komunikasi juga menambahkan bahwa program kerjasama pascasarjana dengan doubledegree sedang direncanakan. Ia menjelaskan bahwa pada program tersebut mahasiswa ketika lulus mendapatkan dua gelar, yaitu  dari Universitas Atma Jaya dan gelar dari instansi pendidikan luar negeri yang ditempati.

Program Pascasarjana telah membuka pendaftaran untuk mahasiswa dan masyarakat yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan S2, melalui konferensi pers yang dilakukan diharapkan mahasiswa dan masyarakat yang akan menjadi calon mahasiswa program pascasarjana mengetahui lebih detail mengenai program pascasarjana UAJY dan kegiatan yang dilakukan didalamnya.

VIDEO PILIHAN