Mohon tunggu...
Tarisha Anya
Tarisha Anya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga

Saya merupakan mahasiswi Akuntansi Universita Airlangga, saya seorang yang well prepared dan juga detail oriented. Saya suka membuat perencanaan sebelum saya melakukan semua hal agar lebih terorganisir dan membantu saya untuk melakukan time management yang baik. Saya termasuk orang yang introvert. Namun, saya suka bersosialisasi dengan banyak orang dan ada kalanya juga saya membutuh kan waktu sendiri untuk memperoleh energi saya kembali.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Volunteer, Memberikan Berlimpah Makna

5 Juni 2023   16:10 Diperbarui: 5 Juni 2023   16:18 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Menjadi sebuah Volunteer atau relawan merupakan suatu hal yang mulia. Kegiatan yang dilakukan tanpa menantikan imbalan sedikitpun, kegiatan volunteer bisa dilakukan di mana saja bisa dalam bidang lingkungan, sosial, kesehatan dan lainnya.

Selain kita bisa membantu sesama dalam kegiatan Volunteer, kita juga dapat merasakan manfaat dalam diri kita sendiri sebagai bentuk dalam mengembangkan value diri. Penting bagi kita untuk mengetahui apa kebutuhan kita, proses pengembangan diri tidak lah mudah. Di saat-saat ini lah, waktu nya kita sebagai mahasiswa untuk banyak mencoba hal baru salah satunya turun menjadi volunteer. Tak perlu jauh-jauh untuk ikut volunteer di luar kampus, banyak kepanitiaan dalam kampus yang biasanya menawarkan temna-teman mahasiswa untuk gabung menjadi panitia dalam sebuah acara. Namun, kadang kala perlu juga untuk kita bisa eksplorasi diluar kegiatan kampus.

Volunteer saat ini menjadi salah satu kegiatan yang diminati oleh mahasiswa, yang dimana ini dapat menjadi salah satu wadah mereka untuk mendapatkan pengalaman baru, menambah relasi, memperkuat public speaking dan melatih time management mereka. Sama hal nya dengan mahasiswa umumnya, saya juga tertarik untuk terjun langsung menjadi volunteer. Saya telah melakukan kegiatan serupa sejak saya duduk di bangku sekolah mengenah, saya merasakan langsung bagaimana kita dapat bekerja sama dengan orang lain dengan segala macam sifat dan juga keberagaman orang. Hal tersebut, membuka pandangan saya terhadap banyak orang, entah bagaimana saya harus bersikap ataupun bagaimana saya memposisikan diri saya. Apa yang saya dapat setelah mengikuti beberapa kepanitiaan yaitu saya lebih berani untuk dapat memutuskan suatu hal dengan berbagai pertimbangan dan pendapat banyak orang serta dapat membagi waktu saya dengan baik.

Satu hal yang harus kita pegang yaitu yakin dan percaya diri bahwa kita bisa sesuai dengan kemampuan kita, jangan takut untuk mencoba hal baru dan jangan ragu untuk bertanya apalagi saat menyampaikan ide atau saran dan yang terpenting kita juga harus bisa memposisikan kita sebagai professional walaupun jika ada kendala. Nikmatilah proses nya, jangan hanya terpaku pada hasil akhir yang didapatkan karena setiap proses dalam hidup pasti ada hal yang bisa kita petik dan dijadikan sebagai motivasi untuk terus bekerja keras.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun