Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

3 Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Oleh Mesir

28 November 2019   18:07 Diperbarui: 30 November 2019   18:02 266 0 0 Mohon Tunggu...
3 Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Oleh Mesir
Pyramida dan Patung Sphinx (photoforclass.com)

Mesir adalah negara yang Istimewa, selain sangat kaya akan peradaban,, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, Mesir juga kaya akan sejarah yang populer di dunia, seperti Kisah Nabi Musa, Yusuf, Firaun hingga Romansa Ratu Cleopatra. 

Keistimewaan Mesir ini bukanlah isapan jempol belaka, karena semua itu tergambar dengan jelas didalam berbagai peninggalan dan bekas-bekas kejayaan Mesir di masa lampau. 

Sekarang saya akan mengajak anda untuk mengenal Mesir lebih jauh. Sebagai salah satu bangsa tertua didunia, maka akan sangat kurang rasanya jika mengenal Mesir dizaman sekarang ini saja, melainkan kita harus mengenal Mesir dari awal berdirinya agar kita mendapatkan gambaran yang utuh tentang Mesir ini.

Pertanyaan:  Kapan Bangsa Mesir ini muncul? setelah perang dunia ke 2? salah

Bangsa Mesir adalah salah satu bangsa tertua di dunia, yang sudah eksis dengan peradabannya sendiri sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Bahkan Mesir lebih tua dibandingkan peradaban besar lainnya seperti Persia, Yunani ataupun Romawi yang pernah menguasai dunia. Sehingga Mesir memiliki kebudayaan dan peradaban yang jauh lebih beragam dibanding peradaban lainnya.

Lihat saja Pyramid, Sphinx maupun Kuil-Kuil yang tidak kita temukan dinegara lain. Hal ini cukup membuktikan bahwa Bangsa Mesir pernah menjadi bangsa yang paling maju seantero bumi, karena tidak ada bangsa yang mampu manciptakan mahakarya ini selain Mesir, sehingga memang pantas rasanya jika saya menyebut Mesir sebagai negeri yang Istimewa.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang membuat Mesir ini menjadi negara yang Istimewa dan semuanya akan saya kupas secara ringkas didalam tulisan ini, cekidot!

Mesir Memiliki Gelar yang Istimewa, yaitu "Ummu Ad-Duniya" 

Hampir semua peradaban besar pernah hidup dan berjaya di Mesir, sebut saja Mesir Kuno, Persia, Yunani, Romawi, Kekhalifahan Abbasiyyah hingga Kekhalifahan Turki Ottoman. Sehingga tak heran jika Mesir digelari "Ummu Ad-Duniya"  yang artinya adalah induk dari peradaban yang ada di dunia ini, gelar ini tidak berlebihan karena Mesir adalah satu-satunya negara yang pernah hidup didalamnya semua peradaban besar dunia. 

Selain karena pernah ditinggali peradaban besar, gelar Induk Peradaban ini dialamatkan kepada Mesir karena bangsa ini memiliki peradaban yang sangat tua, bahkan lebih tua dibanding Yunani dan Romawi sekalipun. 

Mesir sudah memiliki kerajaan sejak 3000 tahun sebelum Masehi dan itu berlanjut hingga datangnya Romawi. Firaun Terakhir yang memimpin Mesir adalah Firaun Cleopatra yang sangat terkenal akan kepintaran dan kecerdasannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN