Mohon tunggu...
Tarmidinsyah Abubakar
Tarmidinsyah Abubakar Mohon Tunggu... Pemerhati Politik dan Sosial Berdomisili di Aceh

Penulis adalah Pemerhati Politik dan Sosial Berdomisili di Aceh

Selanjutnya

Tutup

Politik

Dunia Diubah dengan Tulisan

19 April 2021   07:42 Diperbarui: 22 April 2021   21:30 126 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dunia Diubah dengan Tulisan
screenshot-20210422-210338-2-608184ef8ede48180f152e72.jpg

Oleh : Tarmidinsyah Abubakar

Tidak banyak dari jumlah manusia dibumi yang menyadari bahwa dunia diubah dengan menggunakan tulisan. Begitu kesimpulan yang dapat kita simpulkan setelah memantau perkembangan kehidupan kita, apakah dalam bernegara maupun dalam kehidupan bermasyarakat secara global.

Kenapa ada kesimpulan bahwa tidak banyak diantara kita menyadari hal tersebut? Tentu karena jumlah orang yang membaca tidak berbanding dengan jumlah penduduknya, bahkan perbandingan sangat signifikan jumlah orang daripada jumlah mereka yang membaca yang jauh lebih sedikit.

Berdasarkan data Most Littered Nation In the World, studi untuk mencari tahu seberapa tinggi minat baca negara-negara di dunia yang dilakukan oleh Central Connecticut State University (CCSU) pada Maret 2016 lalu, negara ini dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Tapi masih banyak negara yang bahkan tidak masuk dalam kriteria negara yang disurvey.

Sementara negaranya aktor film laga bela diri Jacky Chan yakni Hongkong menduduki di peringkat  pertama.

Berikut ini kita akan mencoba menguraikan secara singkat fakta-fakta holistik terkait perubahan dunia yang di tandai dengan perubahan oleh tulisan.

Kita awali dengan perubahan di bidang kepercayaan terhadap tuhan (Teology), dimana agama samawi juga mengalami pembaharuan dengan lahirnya kitab-kitab suci yang menjadi panduan hidup manusia secara global dalam waktu berabad. Misalnya lahirnya Taurat, Zabur, Injil dan Alquran. Semua itu adalah produk tulisan dan dilakukan oleh penulis.

Produk tulisan itu menyebar keseantero dunia yang kemudian menjadi panduan hidup masyarakat dunia.

Kedua, Perubahan ideology sosial secara global, sebagaimana kita hadapi dimasa wabah covid 19, nyaris semua orang diseluruh dunia memperoleh informasi secara terbuka melalui tulisan-tulisan sejumlah penulis. Tulisan tersebut pada akhir menjadi materi referensi untuk perubahan prilaku manusia hampir disemua negara. Misalnya ada kecenderungan sejumlah negara memerapkan praktek kepemimpinan negara dengan sistem kepemimpinan oligarkhi atau kepemimpinan demokratis,  kemudian juga ada kecenderungan liberalis atau komunis dan lain-lain.

Ketiga, Perubahan Politik, dipengaruhi oleh pengetahuan orang yang mencari tahu dalam hal ini pilihan paling berpotensi adalah melalui sejumlah tulisan baik di media cetak maupun media online yang perkembangannya sangat cepat. Meskipun yang lebih cepat berkembang adalah sentimen politik yang ditangkap oleh massa yakni kebaikan maupun keburukan prilaku kelompok maupun personality. Semua itu dilakukan dan ditangkap oleh publik melalui tulisan-tulisan penulis yang mengarahkan pemikiran setiap orang.

Kecenderungan sosial tersebut pada akhirnya menjadi budaya dalam kehidupaghn masyarakat, tudak hanya ideology dan politik tetapi juga terjadi terhadap teology yang merubah prilaku masyarakat menjadi budaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x