Mohon tunggu...
Tanzilla Salsabila
Tanzilla Salsabila Mohon Tunggu... Cilaa

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Universitas Negeri Malang Gelar Pelatihan Pembuatan Susu UHT

25 Juni 2021   18:30 Diperbarui: 25 Juni 2021   18:53 60 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Universitas Negeri Malang Gelar Pelatihan Pembuatan Susu UHT
Hasil Olahan Susu UHTKKN UM Reguler Blok 2021UHT

KABUPATEN MALANG - KKN Universitas Negeri Malang menggelar pelatihan pembuatan olahan susu yang berbeda dan modern yakni menjadi susu UHT. Acara yang digelar pada Selasa (22/6), bertempat di pusat desa dan dihadiri oleh Ibu Kepala Desa beserta 15 orang lainnya yang terdiri dari ibu-ibu perwakilan lima dusun yang ada di Desa Pait, Kasembon, Kab Malang.

Acara yang diadakan oleh anggota KKN Reguler Blok 2021 merupakan bentuk pemanfaatan potensi desa yang ada di Desa Pait dengan variasi baru dan menarik untuk dijual dalam pemasaran di lingkup desa maupun luar desa yaitu potensi susu sapi

“Pelatihan ini digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat desa dalam rangka memberikan peluang yang dapat digunakan masyarakat untuk menjual dan memasarkan potensi desa yaitu susu agar lebih bervariasi dan modern, sehingga olahan susu dapat dipasarkan sebagai bentuk memenuhi kebutuhan minat masyarakat saat ini” Ujar Zidan, selaku penanggung jawab pelatihan olahan susu UHT.

Pelaksanaan pembuatan pengolahan susu UHT yang dilakukan pada pukul 08.30 pagi ini dilakukan dengan memberikan dua sesi yakni sesi penginformasian mendasar mengenai susu dan kandungannya dan sesi kedua yaitu praktek pembuatan langsung oleh warga dengan didampingi oleh anggota KKN yang bertugas pada setiap bidangnya.

Susu yang diolah menjadi UHT memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan. Pembuatan dilakukan mulai dari penyaringan, pemanasan, pengadukan terus menerus, hingga penyaringan kembali ini mendapat antusias yang sangat besar oleh warga Desa Pait khususnya ibu-ibu perwakilan setiap dusun yang datang.

“Perlengkapan untuk setiap langkah sudah dipersiapkan sebelumnya, selain perlengkapan bahan-bahan yang diperlukan juga sudah tersedia” Ujar Lusiana, penganggung jawab pelatihan olahan susu UHT

Dalam pelaksanaan pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini juga memberikan pendampingan penuh pada tahap praktek dan membagikan hasil buatan UHT yang telah dibuat untuk peserta yang datang.

“Sangat informatif! Olahan susu yang kekinian dapat digunakan masyarakat Desa Pait untuk dijual kembali dengan inovasi yang berbeda. Saat ini olahan susu UHT dapat dibuat dan dibagikan masyarakat desa pada saat pelayanan posyandu agar masyarakat desa mengetahui mengenai olahan baru ini dan diharapkan dapat menjadi salah satu identitas desa kedepannya” Ujar salah satu Ibu yang datang pelatihan. (TS)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x