Mohon tunggu...
Ivan AdityaSantoso
Ivan AdityaSantoso Mohon Tunggu... Mahasiswa

Masih belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pekalongan Bukan Cuma Batik Lho...

21 September 2019   15:45 Diperbarui: 21 September 2019   15:56 0 1 1 Mohon Tunggu...
Pekalongan Bukan Cuma Batik Lho...
4df1e42e-ac2f-4fd4-a3f5-4cfebc4d4e30-5d84b808097f367ef6094a62.jpg

Siapa yang tidak tau tentang Kota Pekalongan? Hmmmm............

Kota Pekalongan merupakan sebuah kota yang terletak disekitar pesisir pantai utara jawa atau sering dikenal dengan istilah PANTURA. Dalam wilayah masuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Dahulunya Kota Pekalongan juga pernah menjadi Pusat Daerah Administrasi pada zaman Hindia Belanda.

Pada saat itu Pekalongan masuk dalam wilayah administratif pemerintahan zaman Hindia Belanda yang meliputi 5 daerah administratif kabupaten:

  1. Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan
  2. Kabupaten Tegal dan Kota Tegal
  3. Kabupaten Brebes
  4. Kabupaten Pemalang
  5. Kabupaten Batang

Dokumen Pribadi

Kota Pekalongan sangat identik dengan kerajinan BATIK-nya. Bahkan dikota ini dijuluki sebagai KOTA BATIK karena terkenal akan kerajinan batik, juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Indonesia. Saat lewat PANTURA tidak ada salahnya berkunjung ke Kota Pekalongan.

Di Pekalongan  memiliki kuliner khas yaitu SOTO TAUCO,MEGONO,PINDANG TETEL.

Pindang Tetel. Sumber IG vanya_rina
Pindang Tetel. Sumber IG vanya_rina

Nasi Megono. Sumber IG pekalonganrame
Nasi Megono. Sumber IG pekalonganrame

Soto tauco. Sumber IG pekalonganrame
Soto tauco. Sumber IG pekalonganrame
Selain itu Kota Pekalongan memiliki destinasi yang sangat indah yang terletak di daerah sekitar Kota Pekalongan yaitu Agrowisata Kebun Teh Pagilaran, tepatnya di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Kebun Teh sendiri dikelola oleh PT Pagilaran, disini bisa dijadikan tujuan rekreasi, atau berlibur keluarga. Untuk menuju ke Kebun Teh Pagilaran melalui kendaraan pribadi dari Kota Pekalongan sendiri dapat ditemput sekitar 1 jam 20 menit. Jalan menuju kesana sudah beraspal jadi tidak perlu kawatir lagi untuk berwisata kesana.

Wilayah disitu memiliki suhu pagi hari sekitar 18-21 derajat celcius jadi hawanya sejuk,karena di Pagilaran sendiri berada pada katinggian 1000 mdpl. Luas area kebun teh disana sekitar 1310 hektar tentunya sangatlah luas.Untuk yang ingin menginap disana ada juga penginapan serta homestay. Jika menginap disana jangan lupa saat pagi hari anda bisa berkesempatan melihat para petani teh yang memetik teh bahkan anda juga bisa ikut memetik teh bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x