Mohon tunggu...
Tamita Wibisono
Tamita Wibisono Mohon Tunggu... Creativepreuner

Here I am with all of my Destiny...perjalanan hidup itu ibarat bianglala kehidupan,tidak selamanya berada di satu titik. pergerakan antara kehidupan di bawah dengan diatas itu sungguh dinamis adanya...dan tiap ruang yang tercipta menjadi inspirasi untuk dijabarkan dalam untaian kata menjadi sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lifechanger Concert: Sinergi Musisi dan Mereka Peduli Pulihnya Lombok dan Sigi

13 Maret 2019   06:00 Diperbarui: 13 Maret 2019   09:08 0 10 4 Mohon Tunggu...
Lifechanger Concert: Sinergi  Musisi dan Mereka Peduli Pulihnya Lombok dan Sigi
sumber : Swa.co.id

Kurang lebih  6 bulan sudah bencana gempa di Lombok menyusul di wilayah Sigi dan sebagian Palu menyisakan cerita pilu. Upaya untuk melakukan pemulihan fisik dan psikis para terdampak bencana dilakukan secara berkelanjutan. Perlahan tapi pasti kedua wilayah di antaranya Lombok dan Sigi (Sulawesi) terus berbenah. 

Luasnya wilayah terdampak bencana dengan sekian kerusakan yang dialami membuat upaya pemulihan tak bisa hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah semata. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Oktober 2018 mencatat sebanyak 1.724 bangunan sekolah rusak. Belum lagi rumah penduduk yang porak poranda. Sementara gempa Lombok mengakibatkan  76.765 rumah rusak. 

Hal itulah yang membuat Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli  terus menggalang sinergi dengan berbagai kalangan. Salah satunya dengan menggelar event  musik sosial yaitu Lifechanger Concert yang bertempat di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Tidak tanggung-tanggung, konser amal itu menggandeng sekitar 30 musisi kenamaan Indonesia. Hits lagu yang mereka nyanyikan menjadi perantara kepedulian terhadap sesama.

Pada 9 Maret 2019 lalu, dua hari menjelang peringatan Hari Musik Nasional yang baru saja berlangsung sukses menjadi ruang sinergi antara  para musisi dan mereka yang peduli. Lifechanger concert ini tergolong pertunjukan istimewa. Bukan saja dilihat dari  banyaknya musisi lintas generasi yang berpartisipasi  saja. 

Ada 3 hal yang menjadikan momen ini begitu berarti bagi para donatur yang sudah berpartisipasi. Antara lain : Meet and Greet, Barang preloved Artis dan Anda Meminta, Kami (musisi) menyanyi dengan konsep lelang lagu.

Sebut saja Rio Febrian yang menjadi pembuka lifechanger concert. Penyanyi tampan jebolan ajang pencarian bakat Asia Bagus itu membawakan dua lagu  disusul dua latambahan dengan sistem lelang yang diminati oleh penonton. Bahkan Rio mendonasikan 1 juta untuk 1 lagu berjudul Bukan Untukku yang dia bawakan sendiri. Talenta bernyanyi Rio Febrian seolah terberkati dengan jiwa sosial yang  tinggi.

sumber ; Merah putih.com
sumber ; Merah putih.com
Dua penyanyi lawas yang bersuara emas yakni Harvey Malaiholo dan Vina Panduwinata seakan tak mau kalah. Dua lagu berturut-turut dinyanyiakn sebelum masing-masing dari mereka membuka lelang permintaan lagu dari penonton. Berkat lagu  "burung camar", Vina Panduwinata bahkan berhasil menarik donasi sebesar Rp. 5000.000 dari penonton yang meminta lagu tersebut.

sumber : Merah Putih.com
sumber : Merah Putih.com
Tidak saja menyuguhkan performance dari penyanyi legendaris solo, musisi grup yang lagu-lagunya familiar di telinga anak milenials pun turut beraksi di Lifechanger concer. Dua personir Andra and The backbones misalnya. Lagu "sempurna" yang mereka nyanyikan turut menambah jumlah  donasi dari para penonton. Seperti yang dilansir dalam kompas.com, Hingga Andra dan Dedy turun panggung, total pihak penyelenggara telah berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 633 juta.

Sinergi musisi dan penonton yang telah peduli ini menjadi kontribusi positif untuk bahu membahu bergerak melakukan pemulihan fisik di Lombok dan Sigi khususnya. Wujud nyata kepedulian musisi dan para donatur yang hadir di acara Lifechanger concert ini menjadi semangat yang tak tergantikan bagi para warga terkena dampak bencana yang telah kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya. 

Semoga kepedulian Allianz yang bermitra dengan Habitat For Humanity Indonesia menjadi sebuah momentum yang selalu siap mensupport warga ditengah upaya pemulihan pasca bencana.

sumber : kompas.com
sumber : kompas.com
Sebuah kreatifitas event sekaligus kepedulian yang luar biasa inilah yang akan membuat warga Lombok dan Sigi  kembali berseri. Seluruh hasil lifechanger concert akan disumbangkan kepada warga berdampak gempa lombok dan sigi. Bukan bantuan biasa yang mereka wujudkan, melainkan pemberian bantuan kebutuhan primer berupa Hunian sementara (huntara) sebanyak 900 unit  beserta sarana MCK yang memadai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x