Mohon tunggu...
TalkDGTL
TalkDGTL Mohon Tunggu... Penyedia Edukasi Digital Marketing

TalkDGTL adalah penyedia edukasi digital marketing yang menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai aspek dan tingkatan. Difasilitasi oleh tim profesional dengan pengalaman langsung di bidang digital marketing, TalkDGTL didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapabilitas strategi digital pemilik bisnis, profesional, dan individu Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Tujuan dan Cara Membangun Branding!

24 Agustus 2019   11:34 Diperbarui: 24 Agustus 2019   12:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Tujuan dan Cara Membangun Branding!
sumber: ontherox.it

Apa Itu Branding?
Branding dapat didefinisikan sebagai aneka cara yang dilakukan perusahaan untuk membangun reputasinya di mata para pelanggan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan perusahaan saat membentuk branding, antara lain:

  • Mendesain logo dan tagline yang sesuai dengan budaya bisnis.
  • Membuat iklan untuk promosi produk atau jasa.
  • Menyiapkan website untuk transaksi jual beli dan informasi bisnis.
  • Melakukan promosi di berbagai media sosial.

Di luar itu, kesesuaian antara promosi dan kualitas yang diperoleh pelanggan juga merupakan bagian dari branding. Karena pelanggan akan mengingat bisnismu berdasarkan pengalaman yang pernah mereka rasakan.

Tujuan Melakukan Branding
Tujuan branding sebenarnya bukan hanya untuk meningkatkan omset bisnismu. Lebih dari itu, branding juga bisa mempermudah Kamu saat menyampaikan tujuan bisnis kepada para pelanggan. 

Dengan begitu, pelangganmu akan memahami perbedaan bisnismu dengan kompetitor sejenis lainnya. Kombinasi berbagai upaya branding yang Kamu lakukan harus bisa diterima secara efektif oleh para pelanggan.

Bahkan, orang-orang yang belum menjadi pelanggan bisnismus pun mesti memahami tujuan branding yang Kamu sampaikan. Hal ini akan membuat bisnismu semakin populer dan dipercaya oleh banyak orang. Selain melalui logo dan website, kamu juga bisa mengupayakan branding melalui kemasan produk yang kreatif, dress code para staf, sponsor, dan public speaking.

Cara Membangun Brand
Kalau bisnismu masih belum mempunyai merek yang konsisten sampai sekarang, ini saatnya untuk memulai branding secara serius. Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk membangun reputasi bisnis yang positif:

Mengidentifikasi hal-hal yang disukai pelanggan dari bisnismu. Sehingga Kamu dapat menonjolkan kekuatan bisnismu secara maksimal.

Menyampaikan pesan bisnis sesuai kebutuhan pelanggan. Pesan bisnis adalah semacam janji yang Kamu berikan untuk pelanggan yang tentunya harus bisa ditepati.

Membuat inovasi visual yang menarik. Kamu juga wajib memastikan bahwa konten visual tersebut sesuai dengan pesan yang ingin Kamu sampaikan kepada pelanggan.

Mengembangkan budaya bisnis untuk memperbaiki citra di kalangan pelanggan. Sebab biasanya pelanggan juga akan menilai bisnismu berdasarkan display produk, pelayanan para staf, dan hal-hal kecil lainnya.Membangun branding memang merupakan proses yang kompleks. 

Namun, Kamu bisa mengusahakannya semaksimal mungkin untuk menarik perhatian pelanggan. Respon pelanggan yang positif menandakan bahwa upaya branding yang kamu lakukan sudah membuahkan hasil.

Sumber

KONTEN MENARIK LAINNYA
x