Mohon tunggu...
Talitha Ardelia
Talitha Ardelia Mohon Tunggu... Content Writer

candu kedua setelah makan adalah nulis

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Khanom Buang, Leker Khas dari Thailand

9 September 2019   19:53 Diperbarui: 9 September 2019   19:59 38 1 1 Mohon Tunggu...
Khanom Buang, Leker Khas dari Thailand
Buang dari Thailand (Foto: pinterest.com)

 Berwisata ke negeri gajah, Thailand belum lengkap rasanya jika belum mencicipi sajian kulinernya. Thailand memiliki kuliner yang sudah mendunia seperti tom yam, mango sticky rice, dan yang paling fenomenal di Indonesia saat ini yaitu thai tea. Namun, pernahkah anda menjumpai kuliner yang satu ini? Dari bentuknya mirip seperti leker dari Indonesia hanya saja ukurannya lebih kecil. Yap! jajanan ini dikenal dengan nama khanom buang.

Khanom buang berbentuk seperti leker jika di Indonesia. Rasanya pun ada dua, yaitu rasa manis dan asin (gurih). Perbedaan rasa ini dapat dibedakan dari warna parutan kelapa diatasnya. Jika parutan kelapa bewarna orange tua biasanya adalah rasa manis dan parutan kelapa yang bewarna orange muda (kuning) berasa gurih. Dari bentuknya, khanom buang lebih kecil dari leker pada umumnya yang dijual di Indonesia. Yang menjadi ciri khas utama adalah meringue sebagai isian khanom buang dan parutan kelapa di atasnya yang menambah rasa manis dan gurih dari khanom buang.

Bahan-bahan untuk membuat khanom buang yaitu,  kulit telur yang dihancurkan, tepung kacang hijau, dan tepung beras. Ketiga bahan tersebut dicampurkan ke dalam telur, gula palem, bubuk coklat, dan sedikit garam agar menjadi adonan. Setelah itu, tuang adonan ke dalam wajan dan pipihkan agar renyah. Setelah hampir matang, isi adonan dengan meringue (campuran antara putih telur dan gula yang dikocok sampai kaku). Terakhir, tambahkan parutan kelapa diatasnya dan angkat.

Menurut sejarah, khanom buang merupakan hidangan penutup yang sudah ada sejak dulu. Ada yang mengatakan bahwa kuliner khas Thailand ini di adaptasi dari negara Vietnam dan adapula yang mengatakan bahwa khanom buang mirip seperti crepes dari Perancis. 

Khanom buang banyak dijumpai di sepanjang jalan dan tempat wisata maupun pasar di Thailand. Penjual khanom buang biasa menjajakan diri dengan gerobak. Seperti halnya leker di Indonesia, khanom buang dijual dengan harga yang murah sekitar 2 bath per satuannya atau sekitar 700 rupiah. Khanom buang yang saya coba sewaktu di Thailand saya beli di pasar Mahasarakham University, Thailand. Untuk rasa, manis dan gurih dari adonan yang renyah bercampur lembutnya meringue dengan parutan kelapa semakin menambah kenikmatan dari kuliner yang satu ini. Yang paling penting, harganya yang murah sangat cocok dengan kantong wisatawan. Jangan lupa untuk mencoba khanom buang sewaktu di Thailand!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x