Selama 30 hari mahasiswa kelompok terbatas 167 Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tenjolaya, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini mengusung tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata yang diaplikasikan melalui program kerja pendampingan UMKM di Desa Tenjolaya.
Desa Tenjolaya merupakan desa yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Mayoritas warga di desa ini bermata pencarian sebagai petani. Tanah yang terbilang subur membuat Tenjolaya kaya akan hasil tani seperti teh, strawberry, hingga biji kopi dengan kualitas yang bisa bersaing di pasaran.
Melalui survey dan proses diskusi yang panjang kami memutuskan untuk mendampingi UMKM yang bergerak di sektor perkopian. Salah satu UMKM yang ada di Desa Tenjolaya adalah Kopi Katenjo.
Kopi Katenjo merupakan brand kopi lokal yang berdiri sejak tahun 2016. Didirikan oleh Pak Dedi Sahyana yang merupakan warga asli Tenjolaya. Nama ‘Katenjo’ diambil dari Bahasa Sunda yang memiliki arti ‘terlihat’ yang dengan harapan cita rasa kopi ini bisa terlihat dan dinikmati oleh para pecinta kopi. Selain itu Katenjo merupakan singkatan dari “Kopi Asli Tenjolaya” yang menunjukan lokasi produksi Kopi Katenjo itu sendiri. Pak Dedi Sahyana, selaku pemilik Brand Kopi Katenjo ini kerap kali mengikuti pameran kopi di berbagai kota di Indonesia.
Pada dasarnya Kopi Katenjo merupakan kopi jenis Arabica. Akan tetapi, dalam proses pembuatannya menggunakan teknik-teknik yang berbeda sehingga menghasilkan variasi yang berbeda pula. Sejauh ini terdapat 5 jenis Kopi Katenjo, yakni semi-wash, full-wash, honey, wine dan natural.
Melihat adanya kendala yang dialami Kopi Katenjo mendorong mahasiswa KKN UPI untuk membantu sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah membuat akun Instagram yang bisa membantu penjualan secara online.
Pada akun Instagram @kopi_katenjo mahasiswa KKN UPI mencoba membangun Brand Awareness terhadap Kopi Katenjo melalui konten-konten yang diupload pada platform tersebut. Salah satu yang menjadi kebutuhan konten untuk Instagram adalah foto produk.