Mohon tunggu...
Syifa Azzahra
Syifa Azzahra Mohon Tunggu... Guru - Syifa Azzahra

Jadilah diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Aktivitas Menyenangkan Anak Saat PPKM Darurat

27 Juli 2021   08:51 Diperbarui: 27 Juli 2021   08:58 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Aktivitas Menyenangkan Anak Saat PPKM Darurat
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada saat ini pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan ini akan diperpanjang hingga 6 Agustus 2021. 

PPKM Darurat meliputi pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat dari pada sebelumnya, di mana beberapa tempat dibatasi hingga ditutup kegiatan operasionalnya. Pembatasan ini bertepatan dengan masa libur sekolah anak. Jika pada momen liburan sebelumnya anak-anak dapat mengunjungi tempat wisata atau pusat perbelanjaan dengan protokol kesehatan yang ketat, kini hal tersebut tidak lagi bisa dilakukan.

Untuk itu aktivitas yang digunakan supaya pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa tidak menjadi bosan, diantaranya:

1. Bermain Bersama Keluarga

Seperti bermain catur, kartu uno, monopoli, atau yang lainnya yang membuat aktivitas menjadi menyenangkan bersama keluarga, saat bermain bersama keluarga maka suasana akan lebih terasa menyenangkan ketimbang dengan seperti biasanya.

2. Melakukan Aktivitas di Halaman Rumah

Baik berupa olahraga, bersepedah, main basket atau main bola, atau bermain layangan itu akan membuat mood kita menjadi lebih baik, serta menyenangkan. 

3. Membuat Karya Seni Bersama

Baik itu dari tanah liat, atau dengan menciptakan kerajinan tangan yang kreatif maka akan menyenangkan jiga dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga seperti membuat tempat cuci tangan depan rumah atau bercocok tanam dll.

Selain menguatkan keintiman dan keterbukaan antara anggota keluarga juga dapat memetik suatu pelajaran yang berharga dari pengalaman yang dibagikan. Dengan mempertahakan produktivitas dan menciptakan aktivitas positif. Hal ini akan bermanfaat selama masa karantina. Sehingga kesehatan mental pun lebih dapat terjaga dan tidak rentan untuk terserang stres.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN