Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 47 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Manfaatkan "Big Data", Bagaimana DPLK Menghasilkan Uang?

13 Agustus 2018   18:56 Diperbarui: 13 Agustus 2018   21:44 1001
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis Anda ingin maju, manfaatkan big data. Karena di era milenial, sangat sulit maju. Bila kita tidak percaya data. Data telah bicara hari ini ...

Banyak orang dan institusi bisnis yang "sadar" data itu penting. Tapi gak banyak di antara yang mampu memperlakukan data dengan baik. Membaca dan mengubah data menjadi "sesuatu yang berkualitas dan berkelas". Sementara kita menyebut "customer oriented" dan "big market", semua itu menjadi tidak berguna bila kita "gagal" mengelola data. Itulah pentingnya "big data" atau "mahadata" dalam bisnis apapun, termasuk industri DPLK.

Di era milenial atau Revolusi Industri 4.0, kualitas mengelola data tidak lagi bisa dihindari. Big data bukan hanya makin marak. Tapi akan menjadi tren bisnis masa depan. Big data, suka tidak suka, menghadapkan pelaku bisnis untuk berjibaku dengan "kekuatan  teknologi milenial" yang semakin cepat, semakin tidak terbendung. Ciri pentingnya adaah: 1) adanya jumlah yang sangat besar (volume), 2) pertumbuhan data yang sangat cepat (velocity), dan 3) format data yang beraneka ragam (variety).

Hari ini, data di sekitar kita berubah cepat. Market pun bergeser ekstrem. Berapa banyak bisnis yang "tutup" karena gagal memperlakukan data. Berapa banyak bisnis yang "tergerus" akinat data-data yang dibiarkan. Sungguh, perilaku manual sebentar lagi "tertindas" oleh zaman dan gak lagi kompetitif. 

Maka solusinya, diperlukan "cara baru" memperlakukan data. Di samping kapasitas teknologi baru yang mumpuni. Karena data bukan hanya berubah cepat. Tapi data harus ditampung, diolah, dianalisis dan dijadikan "senjata tajam" untuk menggebrak pasar. Maka big data, gak bisa dipisahkan dari kultur bisnis, mind set, dan kapasitas teknologi yang digunakan. Big Data, hanya fokus kepada tata kelola DATA diubah menjadi INFORMASI yang memperkaya PENGETAHUAN untuk diimplementasikan menjadi HARAPAN. Ketika itu terjadi, maka bisnis akan survive, akan booming sesuai harapan.


Lalu, apa manfaat big data?

Sangat bermanfaat. Karena big data fokus pada kemampuan mengolah data internal dan eksternal. Sehingga dapat membantu institusi bisnis dan menjadi solusi untuk dalam melakukan 1) pengurangan biaya, 2) efisiensi waktu, 3) pengembangan produk yang market oriented, 4) strategi pemasaran yang  lebigh efektif, dan 5) memicu pengambilan keputusan yang cerdas.

Jumlah data besar dan mampu dianalisis dengan baik, maka di situ ada "kemenangan baru" sebuah bisnis yang dijalankan. Big Data adalah segalanya di era milenial.

Sebagai contoh, dinamika media sosial yang kian pesat. Bisa menjadi peluang yang luar biasa bila dimanfaatkan pelaku bisnis. Sementara bisnis start up begitu booming, bagaimana dengan bisnis-bisnis lainnya? Aapa yang sudah kita lakukan dalam memperlakukan data yang beredar di media sosial seperti: twitter, facebook, dan lainnya? Miliaran konsumen ada di media sosial. Inilah pekerjaan rumah besar agar pelaku bisnis bisa terkoneksi dengan miliaran manusia di dunia maya.

Big data hari ini. Memang, bisa jadi masih sebatas mimpi. Karena faktanya di Indonesia, penggunaan big data masih belum optimal. Teknologi canggih masih dianggap asing dan berbiaya mahal. Tanpa peduli manfaat jangka panjang yang dihasilkannya ke depan. Karena sebagain besar pelaku bisnis belum familiar dengan big data. Apa dan bagaimana pelaku bisnis "memperlakukan" volume, kecepatan, varietas, aariabilitas, dan kompleksitas yang terus berkembang di era milenial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun