Evaluasi itu Penting; Program juga Penting! Koperasi Karyawan Manulife Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2014 dan menyusun program kerja tahun 2015 di Baka-Baka Cottages Carita, 14-15 November 2014. Raker ini juga ditujukan untuk memastikan spirit KopKar Manulife Indonesia, yaitu “Easy & Happy” dapat terwujud sebagai bagian komitmen untuk melayani sekitar 1.900 anggota tetap dan 10.000 anggota tidak tetap.
Dalam balutan suasana kebersamaan dan kekompakan Pengurus dan Karyawan KopKar Manulife Indonesia bertekad untuk memberikan layanan terbaik kepada anggotanya. Hadir dalam Raker ini, Pengurus KopKar Maulife Periode 2013-2106, antara lain: Syarifudin Yunus (Ketua), Rudi Sholahuddin (Sekretaris), Mira Sensury (Bendahara), Elizabeth Ira & Delina Purnama (Toko), Irianie Kusuma (Simpan Pinjam), Tuti Sundari (BP Outsourcing), Unun K (SDM). Karyawan KopKar yang ikut hadir antara lain: Imelda, Rini, Thia, Aisyah, Asri, Amel, Meta, Arman, Fajar, di samping mantan karyawan Ima dan Iqbal.
[caption id="attachment_375785" align="aligncenter" width="300" caption="Rapat Kerja KopKar Manulife Indonesia, 14-15 Oktober 2014"][/caption]
Diawali dengan kegiatan team building di siang-sore hari, 14 Okt 2014, pengurus dan karyawan KopKar Manulife bertekad untuk konsisten membangun semangat kekompakan dan kebersamaan sebagai modal dalam menghadapi tantangan yang sangat besar. Di samping melakukan pembenahan yang optimal, KopKar Manulife berusaha untuk mengembangkan kapasitas bisnis secara signifikan dan memastikan tata kelola koperasi yang transparan dan profesional.
Sebelum raker dilakukan, KopKar Manulife juga menyelenggarakan survei kepada Anggotanya terkait dengan kinerja 1 tahun terakhir (Okt 2013-Okt 2014) dengan hasil sebagai berikut:
1.Bagaimana menurut Anda KopKar Manulife saat ini?
BAIK = 67%, CUKUP = 17%, KURANG = 8%, dan TIDAK TAHU = 8%.
2.Apa komentar Anda terhadap KopKar Manulife saat ini?
Lebih ditingkatkan = 14%, Persediaan barang lambat = 14%, Kurang rapi = 11%, Lanjutkan terus = 11%, Keb. pokok dilengkapi = 8%, Sesuai harapan = 8%, Teknologi kurang = 8%, Tempat kurang nyaman = 5%, Lebih teliti = 5%, Harapan ke depan bagus = 5%, Perlu dilanjutkan, Promo kurang.
Mengacu pada hasil survei tersebut, KopKar Manulife Indonesia melalui pengurus dan karyawan memutuskan untuk melakukan PERUBAHAN & PEMBENAHAN dengan mengedepankan nilai-nilai EASY & HAPPY yang bertumpu pada upaya 1. meninjau CARA KERJA yang ada, 2. Mempelajari HAL-HAL BARU, 3. meningkatkan PRODUKTIVITAS, 4. memberi Pengaruh POSITIF, 5. Membuat Pekerjaan MUDAH, dan 6. Senang dalam MELAYANI.
Bagaimana caranya? Caranya dengan memperbesar KREATIVITAS, cara yang BEDA dalam mengelola KopKar Manulife ke depannya.
Di malam hari, 14 Okt 2014, selama 4,5 jam, pengurus dan karyawan KopKar Manulife melakukan RAPAT KERJA dengan tujuan melakukan 1) evaluasi kinerja tahun 2014 dan 2) menyusun program kerja 2015. Adapun beberapa simpulan RAPAT KERJA adalah sebagai berikut:
1.EVALUASI KINERJA 2014
-Kurangnya etos kerja karyawan KopKar Manulife Indonesia untuk lebih fokus dan profesional dalam melayani anggota
-Kurangnya perhatina terhadap HAL-HAL Kecil dalam tata kelola KopKar, seperti menjawab telp dan email, kecepatan membayar dan menagih, melayani dengan ramah dan menghibur, dan akurasi dan ketelitian dalam bekerja
-Upaya meningkatkan kapasitas bisnis yang “masih jalan di tempat” sehingga potensi bisnis yang besar belum dimanfaatkan dengan baik
-Tata kelola operasional (TAT, SOP, Flow) dan tata keuangan yang tidak optimal
-Beberapa masukan anggota yang belum dilakukan secara optimal
-Fokus kepada SWOT KopKar yang ada saat ini
Strength (KUAT)
- Captive Market
- ASET Lumayan (9,8 Milyar)
- Anggota Banyak (1.900 + 10.000)
- Modal Bisnis Ada (Toko-Katering-SP)
Weakness (LEMAH)
- Tata Kelola Tidak Profesional
- Sentralisasi yang KUAT
- SDM Koperasi
- Kurang Customer Oriented
Opportunity (PELUANG)
- Bisnis BARU (Griya Manulife)
- Multi Services (ATK, Digital Printing, Kantin, Pulsa, Koperasi Perumahan, Sewa Mobil, etc)
- Tambah Kapasitas Bisnis (Toko, Merchandise, Branch)
- 4 Kali LIPAT dari SEKARANG
Threat (ANCAMAN)
- ANGGOTA KECEWA
- Untrusted
- Bisnis “Jalan Di Tempat”
- BANGKRUT
2.PROGRAM KERJA 2015
Adapun program kerja KopKar Manulife di tahun 2015 yang disepakati adalah sebagai berikut:
Program kerja yang bersifat URGENT untuk dilakukan yaitu:
1.Pembenahan Sistem AM 800 & KEUANGAN
2.Tingkatkan Kapasitas Bisnis Utama (Toko – SP – Katering)
3.Front Office Koperasi (Toko – SP – Katering)
4.Pembenahan Tata Kelola Koperasi (TAT, SOP – Flow)
Program kerja yang akan dilakukan sepanjang tahun 2015, antara lain:
1.Unit Usaha Baru di Griya Manulife Bojong Gede
2.Peningkatan Kualitas SDM Koperasi; Pengurus sbg Pengarah - transisi
3.Produk Baru SIMPANAN (Si KOPMA), yang pada 2016 akan menjadi dasar PINJAMAN
4.Pencarian Gudang & Optimalisasi STOK
5.Penjajakan Usaha KANTIN
6.Penjajakan Kendaraan Operasional
7.Web Base Services Koperasi (Applemart.com)
8. Pinjaman berkontribusi SHU
Melalui program kerja 2015, maka diharapkan pada tahun 2016 KopKar Manulife Indonesia dapat “tinggal landas” untuk menuju tata kelola koperasi yang lebih transparan, profesional, dan mampu memberi nilai tambah kepada anggotanya. Sehingga pada tahun 2016, KopKar Manulife diharapkan dapat mewujudkan 1) kenaikan alokasi SHU untuk Anggota menjadi 40% dari laba, yang sebelumnya 35%, 2) mampu mencapai laba usaha sebesar Rp. 2,5 Milyar, dan 3) me-launching Applemart.com sebagai layanan online untuk anggota dan belanja. Itulah realisasi spirit “Easy & Happy”.
K0pKar Manulife Indonesia berdasarkan kinerja 2013, saat ini memiliki 1.900 anggota tetap dan 10.000 anggota tidak tetap dengan mengelola aset sebesar Rp. 9,8 milyar. SHU yang dibagikan ke anggota mencapai Rp. 362 juta dari laba yang dibukukan sebesar Rep. 1,06 milyar. Ke depan, KopKar Manulife Indonesia akan terus bekerja untuk “mewujdukan kesejahteraan bagi anggotanya”... itu saja sudah lebih dari cukup. Salam Koperasi, Easy & Happy !!