Mohon tunggu...
Syamsuddin Din
Syamsuddin Din Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP NEGERI 2 LABUAPI LOMBOK BARAT NTB. di sekolah saya diberi amanah menjadi Urusan Humas.

Saya adalah Guru pendidikan Agama Islam, yang memiliki hobi renang di laut, petualang di gunung dan bersepeda.. saya memiliki satu istri dan empat orang anak yang terdiri-dari dua orang laki-laki dan dua orang perempuan.Kepribadian agamais dan mencintai persahabatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

23 September 2022   20:22 Diperbarui: 23 September 2022   20:27 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.2.a.8. KONEKSI ANTAR MATERI -- Modul 1.2

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak  mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Setelah saya mempelajari modul 1.1 dan 1.2, ada beberapa hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (Model Refleksi 4P).

PERISTIWA

Bagian yang paling menarik dan sangat urgen menurut saya adalah peristiwa lahirnya cita-cita perubahan yang radikal dalam dunia pendidikan dan pengajaran di zaman kolonial pada tahun 1920, dari sejumlah Tokoh  dalam dunia pendidikan Indonesia.. Dan cita-cita besar  tersebut  terwujud pada tahun 1922 dengan berdirinya Sekolah Taman Siswa yang didirikan oleh Tokoh utama pendidikan kita yakni  Ki Hajar Dewantara. Hal inilah yang cikal bakal lahirnya kemerdekaan pendidikan dan kemerdekaan manusia dari penjajahan.

PERASAAN.

Jujur, Secara pribadi perubahan yang dicontohkan oleh KHD telah memberi inspirasi agar saya berubah,  baik  dalam perubahan mindset, cara, pendekatan serta  gaya mengajar, maupun dalam skala menggerakkan rekan guru dan komunitas yang lain. Oeh karena itu saya bahagia mendapat pencerahan, ilmu dan wawasan dalam meningkatkan kompetensi sebagi guru.  Saya wajib  bersyukur dan mengakui bahwa sungguh besar jasa-jasa beliau bagi negeri ini dalam dunia pendidikan. Jadi sangat pantas beliau digelari dengan Pahlawan Pendidikan Nasional.

PEMBELAJARAN

Dari filosofi pemikiran KHD, sangat diakui  banyak sekali nilai-nilai besar yang menjadi landasan pengembangan pendidikan di negeri kita. Dalam tulisan ini ada  dua  pemikiran beliau  yang paling menarik buat saya  adalah :

1. Makna Pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan