Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Guru - Guru PJOK

Saya mempunyai hobi olahraga dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modifikasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

17 Agustus 2023   19:07 Diperbarui: 17 Agustus 2023   19:13 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tujuan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan akan terwujud apabila pembelajarannya dilakukan menggunakan metode, model dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah keterbatasan prasarana yaitu banyak sekolah tidak mempunyai lapangan atau halaman yang cukup, sarana tidak menggunakan ukuran standar dan tidak sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga akan menjadi kendala terhadap keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan itu sendiri.

Permasalahan-permasalahan di atas akan dapat diselesaikan salah satunya dengan cara mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar dengan memodifikasi pembelajaran dengan media yang tidak seperti biasanya yang relevan, sesuai dengan karakteristik siswa, cocok dengan materi yang diajarkan dan sesuai dengan pendekatan yang digunakan. Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada Sekolah Dasar Negeri 2 Sawahan Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek mencakup materi permainan bola besar, permainan bola kecil, senam ketangkasan, aktifitas ritmik, atletik, dan akuatik. Dalam hal ini peneliti mengambil materi permainan bola besar yaitu bola voli mini sebagai bahan penelitian.

Bola voli mini merupakan materi yang di ajarkan di kelas IV. Bola voli mini adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua Tim berlawanan. Masing-masing tim memiliki 4 pemain dan 2 cadangan. Lapangan bola voli mini berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut (Tim Bina Karya Guru, 2004: 18) yaitu panjang lapangan 12 m, lebar lapangan 6 m, tinggi net putra 2,10 m, tinggi net putri 2 m, bola yang digunakan adalah nomor 4.

Pembelajaran passing bawah bola voli mini siswa pada kelas IV belum mencapai hasil yang optimal dikarenakan siswa sering mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah. Media yang tidak sesuai karakteristik siswa menyebabkan minat dan motivasi siswa untuk melakukan kegiatan menjadi kurang. Pemanfaatan media pembelajaran yang dapat dijadikan salah satu sumber belajar yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan itu sendiri, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang lebih menarik dan inovatif serta menumbuhkan minat dan motivasi siswa yang selama ini kurang diperhatikan.

Karena kurangnya pemberian variasi dalam pembelajaran mengakibatkan sebagian besar atau 70% dari 15 siswa (11 siswa) kurang tertarik dan takut terhadap materi passing bawah bola voli mini, yang menyebabkan aktivitas dan kerjasama siswa rendah. Selain itu, sebesar 70% siswa hasil belajar belum memenuhi KKM. Adapun KKM untuk Penjasorkes adalah 75. Dengan adanya pendekatan media boardball, passing bawah bola voli mini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan kerjasama siswa.

Berdasarkan uraian di atas peneliti akan mengadakan penelitian dengan judul "Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui pendekatan media boardball pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sawahan Kecamatan panggul Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021".

kesimpulan dari penelitian yang dilakukan terhadap pembelajaran passing bawah bola voli mini melalui pendekatan media boardball dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ke siklus II sebesar 13.37% yaitu dari 73.30% (siklus I) menjadi 86.67% (siklus II).

Pembelajaran passing bawah bola voli mini melalui pendekatan media boardball mempunyai dampak positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi suka dan termotivasi untuk belajar. Ini ditunjukan dengan 69.33% pada angket motivasi dan 72% pada angket minat menjawab sangat setuju dengan pembelajaran menggunakan media dan pendekatan bermain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan bermain dan media papan kayu dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar, minat, dan motivasi siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun