Mohon tunggu...
Syaiful Akbarius
Syaiful Akbarius Mohon Tunggu... Simple

Hanya manusia Sederhana https://www.facebook.com/syaif.akbar/ https://www.youtube.com/channel/UCaxyMGdAgyTBJG35SVmkI7w

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kartini-kartini UPT SPF SDN Mangkura Makassar

22 April 2021   23:31 Diperbarui: 23 April 2021   00:28 72 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kartini-kartini UPT SPF SDN Mangkura Makassar
Kepala UPT SPF SDN Se-Kompleks Mangkura Makassar kompak dalam memajukan Pendidikan Dasar di Kota Makassar, Rabu (21 April 2021) / dokpri

Kota Makassar yang merupakan Kota Metropolitan terbesar di Indonesia Timur terkenal dengan Kualitas Dunia Pendidikan yang mampu bersaing dengan wilayah-wilayah lainnya baik itu di bagian tengah maupun Barat Indonesia. Hal ini dapat ditandai dengan begitu banyaknya keberhasilan-keberhasilan orang Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar yang menjadi orang penting di Negara ini baik di Pemerintahan, Parlemen maupun di Yudikatif.

Contohnya antara lain Menteri Pertanian Era Jokowi di Periode ke 2 ini yaitu Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. yang merupakan alumni dari Sekolah Unggulan SDN Mangkura Makassar dan masih banyak lagi lainnya. Kecerdasan dan keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh Pendidikan Dasarnya dimana Pendidikan Dasar adalah pintu awal dalam mengetahui Dunia Ilmu Pengetahuan.

Saat ini UPT SPF SDN Mangkura Makassar dipimpin oleh Lima (5) orang Wanita yang memiliki Visi dan Misi yang sama dalam memajukan Pendidikan Dasar di Kota Makassar. Sungguh kekompakan yang tercipta merupakan buah dari kesadaran untuk berjuang bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas. Walaupun berbeda latar belakang ini bukan menjadi halangan bagi kelimanya untuk terus menerus melakukan Inovasi-inovasi dan Peningkatan Kualitas Ajar dari seluruh guru-guru dalam lingkup UPT SPF SDN Mangkura Makassar.

Di saat pendidikan terkena imbas dari pengaruh Pandemik Covid-19, tidak membuat surut perjuangan dari para Kartini-kartini Pendidikan ini, bahkan semangat pantang menyerah dengan menggunakan semua kekuatan untuk tetap memberikan pengajaran yang terbaik kepada seluruh Peserta Didik di UPT SPF SDN Mangkura Makassar. 

Pengawasan melekat kepada guru-guru dalam mentransfer knowledge kepada Peserta Didik secara online terus dilaksanakan dan selalu di Komunikasikan secara internal upaya-upaya untuk pengembangan Pengajaran agar paling tidak bisa sama dengan Sistem Pengajaran secara langsung (tatap muka).

Sadar ataupun tidak, pasti ada pengaruh dari imbasnya Pandemik Covid-19 kepada para peserta didik dan guru-guru, hal ini dikarenakan keterbatasan dalam usaha memberikan pemahaman ilmu kepada peserta didik menjadi tidak maksimal. Namun ini bukanlah sesuatu yang harus kita jadikan sebagai hambatan, namun kita akan terus berupaya agar Peserta Didik tetap mendapatkan haknya dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan, ujar Kepala UPT SPF SDN Mangkura III Hj. Mangindara, S.Pd., M.Pd. 

Untuk UPT SPF SDN Mangkura I dipimpin oleh Nirwati R. Paembonan, S.Pd., M.Pd. Sedangkan UPT SPF SDN Mangkura II dipimpin oleh St. Noorlina, S.Pd., M.Pd. Untuk UPT SPF SDN Mangkura IV dan UPT SPF SDN Mangkura V masing-masing dipimpin oleh Damaris Painga, S.Pd. dan Hj. Kamisa, S.Pd., M.Pd.

Gedung UPT SPF SDN Kompleks Mangkura Makassar / dokpri
Gedung UPT SPF SDN Kompleks Mangkura Makassar / dokpri

Sekolah unggulan Kota Makassar yang terletak di jalan Botolempangan No. 65 ini telah menghasilkan puluhan ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, sebab sekolah ini berdiri sejak tahun 1949. Dan barusan di tahun 2020 sejak berdirinya sekolah ini dipimpin seluruhnya oleh wanita. 

Ini bukan karena di sengaja namun karena memang sudah takdirnya bahwa kepemimpinan seorang wanita dalam dunia pendidikan bukanlah sesuatu yang tabu, justru dengan sentuhan seorang Ibu dalam memanajemen sekolah sehingga membuat para peserta didik akan semakin dekat dan bersemangat dalam belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x