Mohon tunggu...
Syahrir Basir
Syahrir Basir Mohon Tunggu... berbagi untuk kemanfaatan ilmu

Keahlian, Proteksi Radiasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mengenal Radiasi (1) 

2 Januari 2021   12:00 Diperbarui: 12 Mei 2021   11:50 629 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Radiasi (1) 
Simbol radiasi/isocracy.com

Pendahuluan

Radiasi. Haruskah saya khawatir tentang itu? Apakah ini aman (safe)? Apakah ini berbahaya? Bagaimana saya tahu kapan oke dan kapan tidak? Beberapa orang mengatakan itu tidak perlu dikhawatirkan, tetapi yang lain mengatakan bahkan sedikit pun terlalu banyak — mana yang harus saya percayai?

Kita semua memiliki pertanyaan tentang radiasi dan tidaklah mudah untuk memilah-milah materi yang tersedia untuk menemukan jawabannya. Terkadang informasinya terlalu teknis atau terlalu sulit untuk menemukan jawaban tertentu yang Anda cari. Tujuan informasi berikut adalah untuk membantu Anda menemukan jawaban-jawaban tersebut.

Tujuan kami adalah untuk berbagi informasi faktual dan mudah dibaca. Pengetahuan dapat mengurangi rasa takut dan kecemasan tentang radiasi.
Istilah teknis tentang radiasi dan nuklir diberikan di akhir  setiap tulisan. (Mohon masukan bila ada kata yang tidak dimengerti. Terimakasih.)

Radiasi (Pengion)
Zat radioaktif dalam jumlah kecil dapat ditemukan di tubuh kita, di produksi yang kita gunakan sehari-hari, di tanah, di bahan bangunan, dan di luar angkasa. Mereka adalah bagian alami dari kehidupan kita sehari-hari. Perangkat radiasi seperti mesin sinar-X biasa kita temui di rumah sakit atau di bandara. Kita menggunakan radiasi terutama untuk tujuan yang bermanfaat seperti dalam medik untuk mendiagnosis penyakit, dalam industri untuk menghasilkan listrik, dan dalam pendeteksi asap untuk membuat rumah kita lebih aman.

Menggunakan radiasi menawarkan banyak manfaat bagi masyarakat, tetapi apa sebenarnya radiasi itu? Istilah radiasi mencakup banyak hal, tetapi tidak semuanya sama. Ketika seseorang menyebut kata radiasi, kita mungkin berpikir tentang awan jamur besar dari ledakan senjata nuklir, gelombang mikro di oven microwave kita, cara kerja ponsel kita, melakukan rontgen dada, atau   pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Dalam kategori radiasi yang luas, definisinya mencakup semua hal itu dan banyak lagi.

Kita perlu mempersempit definisi radiasi yang luas itu untuk membicarakan jenis radiasi yang menjadi fokus bahasan di sini. Radiasi adalah energi dalam bentuk gelombang (berkas) atau partikel. Gelombang radiasi umumnya tidak terlihat, tidak memiliki berat atau bau, dan tidak memiliki muatan positif atau negatif. Partikel radioaktif juga tidak terlihat, tetapi memiliki berat (itulah sebabnya disebut partikel) dan mungkin memiliki muatan positif atau negatif. Beberapa gelombang radiasi dapat dilihat dan dirasakan (seperti cahaya atau panas), sementara yang lain (seperti sinar-X) hanya dapat dideteksi dengan instrumentasi khusus.

Sinar-X, sinar gama, partikel alfa, dan partikel beta adalah radiasi pengion. Radiasi pengion memiliki banyak energi yang memberinya kemampuan untuk mengubah atom — proses yang disebut ionisasi. 

Sinyal radio dan TV, gelombang mikro, dan sinar laser adalah jenis radiasi non-pengion. Radiasi non-pengion memiliki energi yang lebih rendah dibandingkan radiasi pengion. Pada interaksi radiasi non-pengion dengan atom, tidak terjadi ionisasi (karenanya non-pengion atau tidak terionisasi). Penting untuk memahami apa itu radiasi pengion dan bukan radiasi pengion sehingga Anda dapat lebih memahami apa saja potensi efek kesehatan yang mungkin timbul. Fokus utama dalam pembahasan ini adalah radiasi pengion.

Radiasi pengion merupakan jenis radiasi yang memiliki cukup energi untuk mengubah atom di jaringan tubuh. Ini bisa berupa radiasi sinar-X dada atau bahan bakar PLTN. Kita memanfaatkan sifat radiasi pengion untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dari bagian dalam tubuh, untuk menghasilkan tenaga listrik, dan untuk banyak proses produksi.

Kita terpapar radiasi pengion setiap hari. Hampir 80 persen dosis radiasi yang kita terima berasal dari sumber yang terjadi secara alami dan hampir semua ini berasal dari radioaktivitas yang ada di dalam tanah. Dua puluh persen lainnya dosis radiasi kita berasal dari sumber buatan — sinar-X medik, produk konsumen, industri, penelitian, dan pembangkit listrik. Meskipun dosis radiasi yang diterima seseorang akan berbeda-beda, rata-rata total dosis radiasi tahunan yang diterima oleh setiap orang berkisar 2 - 3 mSv untuk rata-rata dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN