Mohon tunggu...
syahril Fadilla ahmad
syahril Fadilla ahmad Mohon Tunggu... Laki-laki

Tampan dan rajin menabung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tips Bermain Sepak Bola dengan Nyaman Tanpa Kram

24 Januari 2021   16:11 Diperbarui: 24 Januari 2021   16:30 100 1 1 Mohon Tunggu...

Sepakbola merupakan suatu olahraga yang membutuhkan tenaga atau otot pada kaki, selain digunakan untuk menendang bola digunakan juga untuk berlari. Pada saat bermain sepakbola terkadang kita sering kali mengalami kram pada otot paha atau otot betis hal inilah yang membuat kita jadi tidak nyaman atau bahkan merasakan sakit pada kaki yang disebabkan karena kelelahan atau kurangnya asupan kalsium dan bisa juga terjadi karena cedera dan kekurangan mineral.

Berikut adalah tips dan solusi agar tidak terjadi kram otot pada saat bermain sepakbola :

1. Lakukan pemanasan dengan baik & benar

sering kali kita menyepelekan pemanasan sebelum memulai olahraga, ternyata itu sangat penting apalagi saat kita ingin bermain sepakbola karena berfungsi untuk meregangkan otot kita agar pada saat bermain sepakbola otot pada paha dan betis kita tidak tegang sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya keram.

2. Minum air putih 

Kita sering liat di tv banyak pemain sepakbola yang sebelum bertanding menyempatkan untuk minum terlebih dahulu, ternyata hal itu dilakukan agar terpenuhi kebutuhan mineralnya sehingga tidak mengalami kram pada saat bertanding.

3. Jangan mengikat tali sepatu terlalu kencang

Hal ini dilakukan agar kaki dapat nyaman pada saat berlari atau menendang bola selain itu mengikat tali terlalu kencang juga dapat mengakibatkan otot pada kaki kita terhimpit sehingga hal itu dapat menyebabkan kram.

4. Hindari pemakaian kaos kaki yang terlalu sempit

Tidak sedikit pemain sepakbola yang menggunting bagian belakang pada kaos kakinya hal ini dilakukan karena mereka merasa tidak nyaman menggunakan kaos kaki yang terlalu sempit. Memakai kaos kaki yang terlalu sempit bias juga menyebabkan otot pada betis terhimpit sehimgga menyebabkan kram pada otot betis kita.

Itulah beberapa tips agar bermain sepakbola dengan nyaman tanpa kram.  semoga tips ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

VIDEO PILIHAN