Mohon tunggu...
Syahrani Wahidah
Syahrani Wahidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pelatihan Penguatan IT oleh Kelompok KKN Tematik UPI 36 B Mengenai Penggunaan Google Docs dan Sheet

15 Agustus 2022   17:25 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:30 84 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1.1 Kegiatan Pelatihan. Dokpri

Kelompok KKN Tematik UPI 36B mengadakan pelatihan berbasis IT yang diadakan di RW 11 Kelurahan Hegarmanah. Pelatihan ini dipilih dan dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama bapak RW 11 yaitu pak Iwan serta menyelaraskan dengan apa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan salah satu sub-tema yaitu penguatan program, kelembagaan/database Posyandu berbasis IT. 

Pelatihan IT dipilih dikarenakan proses administrasi yang ada di wilayah RW 11 dan Posyandu sekitar belum baik. Proses pengiriman dan pelaporan data yang ada di lingkup RW 11 masih menggunakan sistem memakai flashdisk dan memberikannya secara langsung  kepada orang yang dituju. 

Beberapa sudah menggunakan sistem share via whatsapp atau via email dan jika ingin diubah harus mendownload terlebih dahulu file yang sudah dikirim. Pelatihan ini hadir dalam rangka memberikan pengetahuan dan penambahan skill pegawai administrasi di posyandu dan rw 11 agar lebih efektif dan mudah dalam pengiriman file data ke antar rekan. (29/07/2022)

Pelaksanaan pelatihan IT diawali dengan penjelasan bagaimana peserta dapat mengakses google docs dan google sheet yaitu dengan pembuatan akun google lalu membuka halaman untuk mengakses google docs dan sheet. 

Setelah masuk ke dalam google docs dan sheet, jika peserta ingin mengimport data ke docs, peserta bisa memilih opsi file yang berada di bar menu, lalu memilih open dan peserta bisa memilih file yang diinginkan untuk dimasukkan ke dalam google docs atau google sheet. 

Gambar 1.2 file bar menu. Dokpri
Gambar 1.2 file bar menu. Dokpri

Setelah itu peserta dapat membagikan file yang sudah dimasukkan ke dalam google docs atau sheet kepada rekan peserta dengan cara memilih opsi share atau bagikan pada kolom  di pojok kanan atas seperti pada gambar ini.

Gambar 1.3 Share bar. Dokpri
Gambar 1.3 Share bar. Dokpri

Setelah memilih share atau bagikan, peserta memilih "anyone with the link" atau "siapapun dengan link" agar rekan peserta dapat mengaksesnya.

Gambar 1.4 Share Dokumen. Dokpri
Gambar 1.4 Share Dokumen. Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan