Mohon tunggu...
syahrani bunga
syahrani bunga Mohon Tunggu... pelajar

SMKN 37 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Musik

Radio

6 Agustus 2020   14:09 Diperbarui: 6 Agustus 2020   14:09 102 4 0 Mohon Tunggu...

Radio adalah salah satu media massa yang berperan untuk menyampaikan pesan berupa berita, informasi atau hiburan kepada masyarakat luas. Radio telah menjalani proses perkembangan yang cukup luas sebelum menjadi media komunikasi seperti saat ini. Radio ditemukan oleh Guigliermo Marconi pada tahun 1894.  

Perkembangan radio sebagai media massa diawali di Amerika Serikat dengan pengembangan penemuan Marconi oleh Dr.Lee De Forest pada tahun 1906. sejak saat itu radio di Amerika Serikat berkembang pesat. Pada bulan Maret 1923  telah berdiri 556 stasiun radio. Setelah itu pada tahun 1926 berdirilah NBC (National Broadcasting Radio) sebagai badan siaran radio yang luas. Sejak saat itu radio terus berkembang dibeberapa negara seperti Inggris, Prancis, Jepang dan RRC. Selain mengalami perkembangan radio juga memasuki tahap penyempurnaan.  

Diantara media seperti televisi dan media cetak, radio memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat diakses dengan mudah, dapat digunakan untuk mendengarkan siaran dari jarakjauh, tidak mahal juga sedrhana . Keunggulan lainnya adalah lebih mudah menyampaikan pesan dengan acara yang menarik. Seperti pesan yang disampaikan diselingi dengan musik. Kekurangan dari radio adalah tidak dapat dilihat hanya terbatas pada suara, siaran radio rentan terhadap gangguan, batasan waktu pada setiap siaran. 

Dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, radio telah menjadi media massa yang cukup efektif dalam menyampaikan pesan untuk masyarakat. Saat ini radio pun masih banyak diminati bahkan jumlah pendengar radio pun terus bertambah. Radio terus bertahan menghadapi perkemangan zaman. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x