Mohon tunggu...
Syahirul Alim
Syahirul Alim Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas, Penceramah, dan Akademisi

Penulis lepas, Pemerhati Masalah Sosial-Politik-Agama, Tinggal di Tangerang Selatan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Orang Gila, Politik, dan Agama

12 Februari 2019   11:44 Diperbarui: 12 Februari 2019   12:08 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Beberapa waktu yang lalu, saya mendengar dua orang berdebat dengan begitu sengit yang entah apa yang dibicarakan tapi rasa-rasanya lebih mengarah kepada tema-tema politik. "Anda ini terlampau gila politik!" Salah seorang diantaranya berteriak dengan sangat jelas. 

Entah apa yang dimaksud "gila" disini, apakah ada kaitannya dengan soal pilihan politik yang kadang-kadang tak masuk akal, karena sedemikian gilanya kita mendukung salah satu paslon sehingga seolah-olah jika tak memilihnya, negeri ini rusak dan semuanya menjadi gila. Soal kegilaan ini tak hanya berhenti dalam tema politik, karena ada juga orang gila yang ditangkap gara-gara melempari rumah kiai atau menyeret kucing dengan motornya yang viral di media sosial.

Definisi gila tentu saja beragam, mengandung banyak konotasi, bahkan kerapkali dipakai sebagai bahasa sehari-hari yang menunjukkan ekspresi kekaguman atau kekesalan. Dalam KBBI, gila berarti "sakit ingatan; sakit jiwa", atau "tidak biasa; tidak sebagaimana mestinya; berbuat yang bukan-bukan (tidak masuk akal)". 

Beragam definisi ini tentu saja menyebut gila kepada seseorang bisa tampak absurd, karena mungkin saja seseorang itu secara psikis kejiwaannya terganggu atau memang ia melakukan sesuatu yang tidak biasa atau berbuat yang bukan-bukan yang sulit diterima akal. Kegilaan berarti harus disesuaikan dengan konteksnya, karena jika tidak, jangan-jangan malah kita sendiri sebenarnya yang memang gila.

Merujuk pada beragam definisi diatas, maka sebutan yang pas untuk mereka yang memiliki keahlian supranatural, tukang tenung, sihir, dukun, dan sejenisnya masuk kategori orang gila karena apa yang mereka lakukan tidak biasa dan sulit diterima akal. Bahkan, ketika ada orang-orang yang melakukan hal-hal diluar batas kewajaran manusia atau tidak sebagaimana mestinya baik dalam konteks sosial, politik, atau agama dapat juga disebut orang gila. 

Dalam konteks politik, ketika ada seseorang yang terus menerus membela kandidatnya secara berlebihan, bahkan membela mati-matian, atau menginginkan sesuatu yang tak masuk akal mungkin saja ia berada dalam kegilaan bukan kewarasan.

Melihat derivasi makna "gila" ini cukup menarik, karena terkait dengan beragam konteks kehidupan baik sosial, politik, bahkan agama. Dalam bahasa Arab, makna "gila" dalam artian paling konotatif disebut "majnun". 

Istilah ini seringkali dipergunakan untuk seseorang yang telah bercampur akalnya dengan hal-hal yang bertentangan dengan dirinya sendiri. Maka dalam konteks agama, orang-orang yang seringkali berbuat kemaksiatan, keburukan, atau apapun yang merugikan diri dan orang lain juga disebut "majnun" atau "gila". 

Mereka yang berbuat kerusakan, menolak kebenaran, dan merugikan orang lain menjadikannya tampak hina dan rendah dalam pandangan orang waras dan kemungkinan inilah diksi kegilaan yang sebenarnya dalam konteks sosial-politik, dan agama.

Dalam suatu riwayat, pernah suatu saat orang-orang berkumpul dimana hadir Nabi Muhammad didalamnya. Lalu, ada seseorang melewati mereka dan di antara sebagian orang mengatakan, "itu orang gila lewat". Nabi kemudian mengoreksi, "itu orang yang sakit ingatannya (mashaab) saja, sebab orang gila (majnun) itu adalah mereka yang gemar bermaksiat kepada Tuhannya". Maka, orang gila sebenarnya mereka itu secara sadar tahu, dapat mendengar, mencaci-maki, membakar, melempar, menyakiti, merendahkan, atau berbuat apa saja sesuai kehendaknya sendiri.

Itulah kenapa, orang-orang yang menolak kebenaran yang dibawa oleh para utusan Tuhan disebut sebagai golongan orang gila (qaumun majnuunun) sebagaimana yang ditegaskan dalam kitab suci Alquran ketika mereka menolak ajakan Nabi Nuh, Musa, Luth, dan lainnya. Menariknya, pendefinisian soal gila ini jelas diungkapkan oleh orang-orang yang selalu menolak kebenaran, dimana penyebutan orang-orang musyrik Mekah kepada Nabi Muhammad adalah orang gila, tukang sihir, penyair sesat, dan dukun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun