Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Pilihan

Jangan Golput dan Jangan Asal Pilih

11 Februari 2024   11:10 Diperbarui: 11 Februari 2024   11:12 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pencoblosan pada pemilu 2024. (Freepik.com)

Di tengah riuhnya suasana pemilihan umum, sering kali muncul dua kelompok pemikiran yang berbeda di antara kita. 

Pertama, ada yang memilih untuk golput, atau tidak menggunakan hak pilihnya, dengan berbagai alasan pribadi. 

Kedua, ada pula yang memilih kandidat berdasarkan hasil survei terbaru tanpa mempertimbangkan visi, misi, dan integritas kandidat tersebut. 

Kedua sikap ini, meskipun tampaknya berbeda, pada hakikatnya sama-sama kurang menguntungkan bagi kualitas demokrasi kita. 

Sebagai warga negara yang baik, sangat penting bagi kita untuk mengambil bagian aktif dalam proses pemilihan, namun dengan cara yang lebih bijaksana dan berdasarkan pertimbangan yang matang. 

Mari kita bahas lebih lanjut mengapa penting untuk tidak golput dan tidak asal memilih dalam pemilu.

Mengapa Penting untuk Tidak Golput?

  • Ekspresi Kedaulatan Rakyat: Setiap suara dalam pemilihan umum adalah ekspresi dari kedaulatan rakyat. Dengan menggunakan hak pilih, kita secara langsung terlibat dalam menentukan arah dan masa depan negara kita. Golput berarti melepaskan kesempatan ini kepada orang lain, yang mungkin tidak sepenuhnya mewakili kepentingan atau nilai yang kita percayai.
  • Pendidikan Politik: Berpartisipasi dalam pemilu merupakan kesempatan untuk mendidik diri sendiri mengenai isu-isu politik, sosial, dan ekonomi yang dihadapi negara. Ini membantu meningkatkan kesadaran kritis kita sebagai warga negara dan memperkuat demokrasi.
  • Mendorong Perubahan Positif: Suara kita bisa menjadi katalis untuk perubahan positif. Kandidat dan partai politik memperhatikan hasil pemilu untuk menyesuaikan kebijakan dan pendekatan mereka. Dengan tidak golput, kita memberi sinyal tentang apa yang kita inginkan dari pemimpin kita.

Mengapa Tidak Boleh Asal Pilih?

  • Kualitas Kepemimpinan: Kualitas kepemimpinan dalam pemerintahan sangat dipengaruhi oleh keputusan kita di bilik suara. Memilih berdasarkan hasil survei saja tanpa mempertimbangkan kualifikasi dan kebijakan kandidat bisa berakibat pada pemilihan pemimpin yang tidak efektif atau tidak sesuai dengan kebutuhan rakyat.
  • Efek Bandwagon: Tren memilih kandidat hanya karena populer atau dianggap pasti menang mengabaikan pentingnya analisis kritis terhadap visi dan misi mereka. Ini bisa mendorong politik popularitas yang dangkal, bukan pada substansi dan kualitas debat publik.
  • Pentingnya Diversitas Politik: Memilih dengan pertimbangan yang matang mendorong diversitas politik dan inklusivitas. Ini memberi ruang bagi ide-ide baru dan pendekatan segar dalam memecahkan masalah sosial dan ekonomi.

Bagaimana Memilih dengan Bijak?

  • Edukasi Diri: Luangkan waktu untuk memahami visi, misi, dan rekam jejak kandidat. Media sosial, debat, dan platform lainnya bisa menjadi sumber informasi yang berharga.
  • Kritis dan Objektif: Berpikirlah kritis tentang informasi yang diterima. Pertimbangkan kebijakan dan janji kandidat secara objektif, bukan berdasarkan emosi atau popularitas semata.
  • Pertimbangan Masa Depan: Pikirkan tentang masa depan negara dan generasi mendatang. Memilih kandidat yang memiliki rencana konkret untuk isu-isu penting akan berdampak jangka panjang pada kesejahteraan bersama.

Memilih dalam pemilu bukan hanya hak, tapi juga kewajiban kita sebagai warga negara. Keputusan untuk tidak golput dan tidak asal memilih menunjukkan kedewasaan dan tanggung jawab kita dalam berdemokrasi. 

Dengan memilih berdasarkan informasi, analisis, dan pertimbangan yang matang, kita turut serta dalam membentuk masa depan negara yang lebih baik. 

Mari kita gunakan hak pilih ini dengan bijak, demi kepentingan bersama dan demokrasi yang sehat. Setiap suara berharga dan memiliki kekuatan untuk membuat perbedaan. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun