Mohon tunggu...
Syahidan Al Fath
Syahidan Al Fath Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Kreasi Kerajinan dari Kertas Kokoru

16 Februari 2024   17:16 Diperbarui: 16 Februari 2024   17:16 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama anak-anak Desa Sriwungu (sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu)

Temanggung - Stimulasi kreativitas memiliki peran yang sangat penting tumbuh kembang anak. Pengembangan kreativitas pada anak terutama pada usia TK dan SD dapat meningkatkan kemampuan sosial dan emosional melalui interaksi dengan orang lain, mengungkapkan perasaan, dan bertukar ide, kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah dengan berkreasi atau memodifikasi sesuatu serta menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi, meningkatan kepercayaan diri, membantu menggali potensi dan bakat anak yang semuanya merupakan aspek penting untuk tumbuh kembang anak. Salah satu media untuk menstimulasi kreativitas anak adalah melalui pembuatan kerajinan dari kertas kokoru.

sumber: https://images.app.goo.gl/utToL16ZUHa256xg9)
sumber: https://images.app.goo.gl/utToL16ZUHa256xg9)
sumber: https://images.app.goo.gl/GfAuekzR6HxPUgYm6
sumber: https://images.app.goo.gl/GfAuekzR6HxPUgYm6
Kertas kokoru (colored corrugated paper) walaupun terdengar seperti kosa kata Bahasa Jepang, tetapi merupakan inovasi material kerajinan asli dari indonesia. Kertas kokoru berupa permukaan kertas yang bergelombang pada salah satu sisinya seperti kertas kardus yang dikupas yang menjadi keunikannya. Meskipun mirip kertas kardus, namun penjualan kertas ini justru sampai ke Jepang . Kertas kokoru memiliki konsep yang hampir sama seperti origami dari Jepang yang menggunakan kertas warna-warni siap pakai yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk untuk mengasah kreativitas. Perbedaan keduanya selain dari bentuk, kertas kokoru lebih simpel langkah pembuatannya karena sebagian besar ragam kerajinan dibentuk hanya dengan menggulung dan merekatkan kertasnya saja yang menjadikannya relatif lebih mudah untuk dibuat oleh anak anak.

Memanfaatkan keunikan dan keunggulan kertas kokoru, Mahasiswa KKN Undip mendorong kreativitas anak usia sekolah dasar di Desa Sriwungu, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Rentang usia yang menjadi target adalah anak-anak usia 9-11 tahun karena dalam kegiatan ini melibatkan menggunting yang tentunya akan berbahaya bagi anak-anak di bawah rentang usia tersebut. Kegiatan dilaksanakan di gedung SD Negeri 1 Sriwungu pada Sabtu (27/1) dan Selasa (30/1) sesuai kesepakatan dengan pihak sekolah dasar. Pembuatan kerajinan dibagi menjadi 5 kelompok dengan 6-7 anggota untuk efisiensi waktu dan karena keterbatasan kertas kokoru yang dapat disediakan.

sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu
sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu

Kegiatan dimulai dengan penjelasan singkat mengenai kokoru disertai contoh bentuk-bentuk yang akan dibuat serta teknik dasar membuat gulungan dari kertas kokoru. Selanjutnya, anak-anak meniyapkan peralatan yang sudah diberitahukan sebelumnya berupa gunting, penggaris, pensil, dan juga lem. Didampingi mahasiswa KKN Undip dan guru, anak- anak kemudian membuat kerajinan secara berkelompok sesuai bentuk yang sudah dipilih oleh tiap kelompok, ada yang membuat bentuk potongan kue yang bisa menjadi kotak penyimpanan, kumbang kepik, kaktus dalam pot, dan lain lain.

Hasil kerajinan (sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu)
Hasil kerajinan (sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu)

Meskipun pengerjaannya simpel, namun bukan berarti kendala tidak akan muncul. Lem yang lama kering menjadi kendala utama dalam pembuatan kerajinan ini. anak-anak banyak mengeluhkan bagian-bagian yang ditempel lepas lagi. permasalahan ini muncul karena anak-anak tidak ada yang memiliki lem tembak, dan walaupun bisa membeli isinya namun dikhawatirkan menjadi sumber bahaya karena untuk menggunakan lem tersebut perlu mengaplikasikan panas, seperti menggunakan api yang dapat membahayakan anak-anak. Masalah ini coba diatasi dengan menjemur kerajinan selama 15 menit dan berhasil mengurangi kejadian bagian yang lepas dan tidak mau merekat.

Anak-anak menunjukan antusiasme yang tinggi selama kegiatan, mengingat kerajian dari kertas kokoru merupakan hal baru bagi mereka. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan sosial dan emosional melalui interaksi dengan teman sekelompok dan mahasiswa KKN Undip, berani mengungkapkan pendapat dan bertukar ide, kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah dengan berkreasi atau memodifikasi sesuatu serta menemukan solusi dari masalah yang ditemui selama kegiatan. Hasil kerajinann nantinya akan dipajang di ruang kelas mereka dan buku tutorial pembuatan diserahkan kepada pihak sekolah sebagai acuan jika ingin mengadakan prakarya dengan kertas kokoru lagi.

Penyerahan buku panduan pembuatan kerajinan dari kertas kokoru(sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu)
Penyerahan buku panduan pembuatan kerajinan dari kertas kokoru(sumber: Dokumentasi KKN Tim I Undip Desa Sriwungu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun