Mohon tunggu...
Syafiya NisrinaHanifah
Syafiya NisrinaHanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 2020

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030070

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Membuat Pintar

17 Juni 2021   16:56 Diperbarui: 17 Juni 2021   17:02 67 3 0 Mohon Tunggu...

Memiliki kepintaran merupakan dambaan bagi semau orang, hal ini disebabkan karena menjadi orang pintar tentu saja akan memudahkan seseorang untuk mencapai masa depannya. Menjadi orang yang pintar bukanlah hal yang begitu sulit, hal tersebut akan menjadi sulit karena diri kita sendiri yang belum bisa mengendalikan kemalasan yang ada dalam diri, dan hal ini akan menjadi sangat mudah apabila seseorang bisa mengendalikan rasa malas dalam dirinya.

Seperti yang sudah ditulis diatas, menjadi pintar tentu saja bukan hal yang susah. Bahkan hal-hal sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari juga dapat mengasah otak dan membuat otak berkembang hingga menjadi pintar. Inilah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat seseorang menjadi pintar:

1. Menonton video edukasi

Tidak jarang di era yang sudah digital ini, banyak kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang tua sekali pun yang suka banget nonton, entah itu nontonin televisi, youtube, atau yang lainnya. Ternyata kebiasaan menonton itu juga bagus banget buat nambah kepintaran!, tapi pastinya tontonannya yang bermanfaat dong yaa, yang mengedukasi lah. Entah itu video youtube, atau national geography di televisi, dan siaran edukasi lain.

Karena tak jarang pula seseorang memiliki daya serap yang lebih kuat jika belajar dengan cara audiovisual. Maka dari itu, jika kita memiliki hobi menonton dan kemampuan mengingat sesuatu lebih baik jika lewat audiovisual, hal ini bisa banget dimanfaatkan dengan cara menonton sesuatu yang mengedukasi.

Edukasi disini juga bukan semata-mata menonton hal yang terkait pelajaran aja ya! Karena masih banyak banget hal yang bisa bahkan harus kita pelajari yang gak ada tuh materinya di sekolah, baik itu tingkat SD,SMP,SMA, maupun kuliah sekali pun.

2. Mengurangi menonton televisi

Sebenernya, menonton televisi bukanlah hal yang negative banget, tetapi semakin kesini, acara yang ada di televisi tampaknya semakin unfaedah. Dan hebatnya semakin gak bermanfaat suatu tayangan, malah semakin banyak yang nonton, miris banget bukan.

Mengurangi menonton televisi disini maksudnya adalah mengurangi menonton acara yang unfaedah, seperti sinetron atau berita-berita kontrofersi artis yang tidak penting atau tidak ada sangkut pautnya pada kehidupan kita. Jadi, buat yang sering menonton tontonan yang kurang berfaedah, sebaiknya dikurangin deh, karena kita bisa menggunakan waktu tersevut untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna untuk hidup kita.

3. Memperbanyak baca buku

Kalian pasti udah gak asing sama kata-kata 'buku adalah jendela ilmu' dan yap itu bener banget. Kenapa? Karena pertama buku itu dibuat oleh orang yang memang sudah tahu lah setidaknya tentang apa yang akan mereka bahas pada karya mereka, dan tentunya tidak sembarang orang yang bisa membuat buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x