Mohon tunggu...
Alwi Swandi
Alwi Swandi Mohon Tunggu... Menemukan realitas sosial

Mengungkap fakta

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Dukung Satuan Gugus Tangkal Coronavirus Pemuda Buru akan Bagikan VCO kepada Masyarakat

17 April 2020   15:14 Diperbarui: 18 April 2020   09:00 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dukung Satuan Gugus Tangkal Coronavirus Pemuda Buru akan Bagikan VCO kepada Masyarakat
GEPE_CoroVirus

Di saat situasi pandemi wabah virus corona                  ( covid 19 ) melanda , daya tahan tumbuh menjadi hal ampuh untuk menangkal virus , Virgin Coconut Oil diyakini mampuh meningkatkan imun tubuh, sari patih minyak kelapa murni ini kemudian mulai dilirik setelah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang lebih.

Filipina tampaknya serius mengembangkan penggunaan VCO untuk menghadapi Covid-19 ini. Dikutip dari laman www.nutraingrideints.com, Dr. Jaime Montoya, Direktur Eksekutif Badan Litbang Kesehatan dari Departmen Sains dan Teknologi Filipina mengumumkan pada 7 Februari lalu bahwa pihaknya telah mengujikan keampuhan VCO kepada pasien-pasien Covid-19.

screenshot-2020-04-17-14-14-49-228-com-android-chrome-5e9a6085097f3613d2335ea2.png
screenshot-2020-04-17-14-14-49-228-com-android-chrome-5e9a6085097f3613d2335ea2.png
Sementara itu dikutip dari laman www. It Works Kementrian Pertanian bikin teknologi VCO lawan virus corona , Kepala Balitbangkan Kementan Fadjry Djufry, menuturkan, merebaknya wabah virus corona baru meningkatkan kesadaran masyarakat untuk kebersihan dan daya tahan tubuh.

Untuk itu kita tengah mengembangkan produk minyak sehat dari komoditas kelapa untuk menjaga daya tahan tubuh.  teknologi VCO mengandung lemak jenuh rantai sedang atau medium chain triglyceride (MCT) yang tidak berbahaya bagi kesehatan jantung. Adapun komposisi MCT terbanyak dalam kandungan VCO adalah asam laurat. Tubuh manusia kemudian mensistesis monolaurin dari asam laurat yang memproses sifat-sifat antivirus, antibakteri dan antiprotozoa.

Kajian mengenai sifat antivirus asam laurat telah menunjukkan efektivitasnya dalam menurunkan beban viral pada penderita HIV-AIDS. 

Selain itu, VCO juga mengandung tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan memiliki komponen aktif biologis yang secara umum diterima sebagai aktivitas vitamin E dalam menjaga kekebalan tubuh manusia.

Sejalan dengan itu Pemuda Buru yang tergabung dalam komunitas Gerekan Pencegahan CoronaVirus   GEPE CoronaVirus ) menginisiasi pembuatan Virgin Coconut Oil atau VCO ,untuk menangkal virus corona.

Mereka menuturkan pandemi yang mewabah dunia tidak terkecuali kita di kabupaten buru ini , yang akhir akhir ini marak dengan informasi  turun naiknya Orang dalam pantauan, ( ODP ) Pasien dalam Perawatan ( PDP ) serta hasil konpres tim gugus dua hari kemarin yang melaporkan 3 orang sesuai hasil rapidtes positif itu , merasa terpanggil secara iklas sebagai wujud kepedulian bersama telah melakukan komonikasi dengan teman teman relawan yang juga tergabung dalam program kementrian pertanian tangkal coronavirus, untuk sama sama pemerintah , Satuan Gugus dari tingkat Kabupaten hingga desa , sebagai bentuk keikutsertaan dalam  pencegahan wabah coronavirus . 

Kami telah menyiapkan -+500 liter Virgin Coconut Oil dalam kemasan untuk dikonsumsi baik bagi mereka yang tergolong  ODP , PDP juga masyarakat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Bagi kami pemuda Buru mungkin ini yang dapat kami lakukan ditengah situasi pandemi ini, paling tidak ada yang bisa kami perbuat untuk sedikit memberikan kontribusi dalam menghadapi situasi pandemi wabah coronavirus di bumi bupolo tercinta ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x