Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tujuh Kiat Sukses

19 September 2022   05:00 Diperbarui: 19 September 2022   06:53 118 21 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sukses (sumber: idnyimes com)

Setiap orang selalu ingin sukses. Untuk itu kita harus memahami kiatnya. Agar dapat mencapai kesuksesan dalam hidup, kita mrmbutuhkan tujuh kiat berikut:

1. Pendidikan

Selain pendidikan formal melalui sekolah, dari SD hingga SMU/STM/SMEA/SAA, bahkan hingga mampu kuliah hingga meraih gelar S1, S2 hingga S3.

Bahkan setelah lepas dari sekolah / kuliah formal, kita harus tetap belajar, tentang pengetahuan dan keterampilan. Bila upah ART, sopir dan sejenisnya makin tinggi, sudah seharusnya kita mampu melakukannya sendiri. Kita harus mampu mengikuti perkembangan  teknologi, cara menggunakan alat-alat yang berbasis teknologi, mengetahui prinsip kerja mata uang kripto, dan lain-lain.

Intinya, kita harus gila belajar.

2. Membaca buku

Hilangkan kegemaran jajan atau nongkrong di gerai kopi kekinian. Manfaatkan uang kita untuk membeli buku. Dengan banyak membaca buku, kita akan lebih terpacu mendapatkan ide-ide kreatif.

3. Menunda keinginan sesaat

Lebih mengutamakan kepentingan jangka panjang, misal investasi di properti, saham, emas, kendaraan daripada kesenangan sesaat seperti pesta, makan-makan di rumah makan mewah, memakai busana bermerek, atau berwisata keliling dunia.

4. Berhemat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan