Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Buku "Thamrin Dahlan 70 Tahun" sebagai Catatan Kecil Kiprah TD di Dunia Literasi

7 Juli 2022   06:30 Diperbarui: 7 Juli 2022   06:53 74 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cover depan (dok: Thamrin Dahlan)


Thamrin Dahlan atau lebih dikenal dengan panggilan Pak TD, hari ini 7 Juli 2022 berulang tahun ke 70. Suatu usia yang sangat matang. Pak TD sudah purna tugas di Pusdokkes Kepolisian Republik Indonesia dan saat ini bergiat di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan untuk membantu penulis menerbitkan buku ber ISBN Perpusnas.

Buku ini disebut buku ke 50 bagi Thamrin Dahlan, namun buku ini justru mencantumkan penulisnya Dahlan Iskan dan kawan-kawan. Dahlan Iskan hanya menulis sebuah pantun, sedang kira-kira 100-an penulis lain kebanyakan berkisah tentang kiprah Thamrin Dahlan di dunia literasi. Buku setebal 456 halaman ini mendapat 'endorse' dari teman-teman Thamrin Dahlan.

Tiap tulisan penulis mendapat ilustrasi buku yang ditulisnya dan diterbitkan oleh YPTD. dan dicetak 'full color'.

Buku yang diterbitkan dengan format 2 spasi membuat lebih enak dibaca dan tidak nelelahkan.

Buku ini tidak memberikan nuansa baru bagi pembacanya, namun lebih kepada peringatan 70 Tahun Thamrin Dahlan. Melalui buku ini, penulis ingin nenularkan semangat literasi kepada pembacanya, dan Thamrin Dahlan melalui YPTD siap menerbitkannya  menjadi senuah buku ber ISBN.

Cukup banyak penulis dari Kompasiana yang tulisannya berada pada buku ini, seperti Pak Tjip, Pak Syamsul Harahap, Pak Taufik Hidayat / Taufik Uieks, Pak Nur Terbit, Dewi Puspasari dan lainnya yang tidak dapat saya tuliskan semuanya.

Thamrin Dahlan juga dikenal sebagai teman yang sangat pluralis, terbukti ada tulisan Romo Bobby dan Sr. Maria  Monika yang juga ikut menyambut peringatan ulang tahun Thamrin Dahlan yang ke 70 ini.

Selamat ulang tahun Pak Thamrin Dahlan, kiprahmu di dunia literasi terus dinanti. Meski umurmu telah mencapai 70 tahun, namun umur adalah sebuah angka, yang penting kiprahmu di dunia literasi terus bergema bagi masyarakat luas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan