Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Praha, Kota Cantik Bak Puteri

30 Januari 2022   06:30 Diperbarui: 30 Januari 2022   06:32 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Praha (sumber: travel.com)

Sore ini, Koteka, komunitas traveler Kompasiana, kembali menggelar webinar Koteka Talk dengan menggandeng KBRI Praha dan Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Kupang, dengan topik bahasan tentang "Situasi Pandemi di Ceko dan Sekilas Praha." Hadir sebagai narasumber utama Dubes H.E. Kenssy D. Ekaningsih. Acara dipandu oleh Gaganawati langsung dari Jerman.

Ibu Dubes dan staf (dok: Koteka)
Ibu Dubes dan staf (dok: Koteka)

Ibu Dubes yang hadir di ruang Megawati adalah alumni Hubungan International UGM.  Dibantu 7 staf yang didominasi wanita. Berpengalaman kerja di Konsul Jenderal RI Malaysia dan HongKong dan di bidang keuangan di Thailand, serta mantan wartawan, sebelum diangkat menjadi Duta Besar di KBRi Praha.

Ceko atau tepatnya Republik Ceko adalah pecahan dari Republik Cekoslovakai yang pada 1992  yang melalui revolusi sejuk menjadi Republik Ceko dan Republik Slovakia, terletak di Eropa Tengah, bsgian dari Austral Hongaria pada awalnya.

Selayang pandang Republik Ceko

Ibukota Praha, dengan luas negara 78 km2 dan jumlah penduduk.10 juta orang. Bahasa nasional adalah bahasa Ceko, yang sulit dipelajari tetapi bila sudah menguasai akan mencintai bahasa ini. Mata mata uang yang digunakan adalah koruna, 1 USD = 100 koruna.

Icon kota Praha adalah jembatan Charles atau Charles Bridges. Orang yang pernah berkunjung kesana dan menyentuh bagian tengah jembatan ini bila berdoa hampir dipastikan akan kembali ke Praha.

Negara Ceko dikenal seperti putri yang cantik. Kota-kotanya indah. Dapat kita nikmati saat moderator memutar video tentang kota Praha. Bila Anda ingin berwisata ke Ceko, disarankan untuk pergi  sendiri jangan ikut tour, supaya puas.

Masyarat Ceko dikenal  patuh pada hukum, sebuah budaya yang perlu ditiru, Pemerintah konsisten dengan aturannya. Ceko dikenal aman dan warganya sangat menghargai wanita Penduduk cukup betsahabat, sangat Eropacentris, meski ada yang Bohemian lebih serius dan kalem dan Moruvian yang lebih bersahabat.

Sebagai kota yang romantis nan indah beberapa destinasi di kota Praha dapat disebutkan Kastil Praha, Alun-alun Praha, Jembatan Charles,
Vysehrad, merupakan sisi sungai Vitava yang menawan, Petrin hill untuk melihat kota Praha dari ketinggian, Wenceslas square untuk belanja dan hangout, Wallestein Palace, istana negara, Kampa island, sebuah pulau memanjang disisi sungai Vitava dengan arsitektur semi klasik modern dan Josevof, sebuah perkampungan tua Yahudi, yang sebagian sudah dimusnahkan ketika Perang Dunia.

Pandemi di Ceko

Masa pandemi diawali pada 29 Februari 2020 saat ditemukan seorang Italia yang terpapar Covid-19. Pemerintah segera menetapkan kebijakan agar warga menjaga jarak, memakai masker, meliburkan sekolah dan sempat menerapkan lockdown, meski akhirnya diperlunak seperti PPKM di Indonesia. Orang yang terpapar Covid-19 harus di karantina di rumah selama 5 hari atau di rawat di rumah sakit. Harus dilakukan tes antigen 2x seminggu bagi pekerja dan tes antigen di sekolah 1x seminggu. Total hingga Januari 2022 tercatat 3 juta kasus, namun sebagian besar sembuh yang meninggal dunia kebanyakan akibat komorbid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun