Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mengenal Kuliner Maluku Utara (2 dari 3)

1 Desember 2021   06:30 Diperbarui: 3 Desember 2021   09:35 134 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gohu (sumber: travelingyuk.com)

Setelah memperkenalkan kuliner Ternate, maka pada tulisan kedua akan dibahas kuliner Tidore. Tulisan ini berdasar webinar bertajuk "Moluku Kie Raha" yang diselenggarakan oleh Aksara Pangan pada Minggu, 28 November 2021.

Pembahasan kukiner Tidore dilakukan oleh Iswanto Saleh, penyelenggara Festival Kampung Nelayan Tomalou Tidore dan Umi Salam Mahua, pakar kuliner Tidore. Pembicara pertama fokus pada Festival Kampung Nelayan sedang pembicara kedua fokus pada aneka kuliner Tidore.

Pembicara pertama, membahas ritual Foladomo dengan alat pancingnya  Huhate. Ritual ini dilakukan sebelum nelayan melaut, tentu tujuannya agar selamat kembali ke darat dan memperoleh tangkapan yang banyak. Ritual ini dimulai dengan melubangi jalan air perahu.
Prosesi dilakukan oleh kepala tukang.
Kepala tukang mengenakan tudung dengan kain putih sebagai simbol kesakralan.
Setelah itu prosesi peluncuran kapal dilanjutkan dengan memukul buritan perahu, menggoyang-goyang perahu sambil tetua memberi komando, yang disambut oleh anak buahnya.

Pada Festival Kampung Nelayan Tomalou disuguhkan kuliner Tidore. Ciri khasnya kuliner ikan disajikan dengan wadah yang disebut sepe yang terbuat dari tanah liat buatan ibu-ibu pulau Mare.

Tentunya aneka kuliner Tidore sangat beragam misalnya:

1. Pupeda makanan khas Tidore sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat, kental dan rasanya tawar. Makanan ini terbuat dari sagu diaduk hingga kental dimakan degan lauk atau sayur berkuah. Mirip dengan papeda di Papua yang disantap dengan ikan ekor kuning.

2. Ikan kuah soru, kuliner berbahan ikan tore / julung, cabe merah, dan tomat dimakan  bersama pupeda.

3. Kusi gohu juga diolah mentah dari bahan jantung pisang, dicampur kemangi, cabe merah, cabe rawit,  bawang merah dan kenari dimakan dengan nasi atau sagu.

4.  Gohu ikan, ikan segar diberi bumbu lalu dimakan seperti sashimi di Jepang disajikan bersama sagu lempeng, pisang santan atau singkong.

5. Gohu "on boat", makanan nelayan selama melaut dan memakannya secara mentah dari hasil tangkapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan