Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tidak Hanya Cewek, Cowok Juga Perlu Skincare

23 Mei 2021   04:10 Diperbarui: 23 Mei 2021   04:15 168 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Hanya Cewek, Cowok Juga Perlu Skincare
Skincare cowok (sumber: elle.com)

Dulu perawatan kulit dan khususnya wajah lebih didominasi oleh cewek. Namun kini cowok juga tidak mau kalah, acapkali memborong skincare paska gajian agar memiliki wajah yang dinilai tampan oleh cewek-cewek.

Menurut pendapat seorang dermatologist, skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit dan ketampanan wajah. Beberapa jenis skincare yang banyak dicari cewek dan cowok adalah pelembab, pembersih wajah dan tubuh, tabir surya (sunscreen), dan  perawatan kulit.

Perawatan kulit khususnya diperuntukkan bagi cewek dan cowok yang memiliki masalah dengan kulitnya, seperti kulit sensitif, kulit berminyak, kulit kering dan kombinasinya. 

Perawatan kulit juga harus menyesuaikan jenis kulit, kondisi kulit dan kebutuhan masing-masing. Jadi saat memilih dan membeli skincare jangan asal beli atau meniru yang baru dibeli oleh teman. Untuk keamanan kulit Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan seorang dermatologist.

Dan pada penggunaan skincare harus pada kulit yang bersih, jangan bersamaan. Cucilah kulit terlebih dulu dengan air hangat.

Menurut pendapat seorang dermatologist khusus perawatan kulit pada cowok ada lima jenis skincare yang diperlukan, yakni pembersih wajah, toner, pelembab, tabir surya dan masker. Meski cowok bisa juga menambahkan serum atau essence, moisturizer dan face scrub.

Untuk membersihkan wajah diperlukan facial foam untuk cowok yang kulitnya berminyak dan berjerawat karena foam bersifat lembut dan berfungsi mengangangkat minyak. Bagi cowok yang memiliki kulit kering dapat memilih facial wash yang brrfungsi melembabkan kulit.

Skincare berikutnya adalah toner untuk mengangkat kotoran yang tertinggal di permukaan kulit sebelum memakai skincare lain. Bagi cowok yang tinggal di negeri tropis seperti Indonesia, perlu menggunakan pelembab muka. 

Bagi cowok yang banyak memiliki kegiatan di luar ruang (naik sepeda motor, gowes, lari atau jalan cepat, main sepak bola atau bola basket atau volley) perlu melindungi kulitnya dengan skincare jenis tabir surya. Terakhir, bagi cowok dengan kulit bermasalah seperti komedo atau jerawat, boleh menggunakan masker pada saat beristirahat atau tidur.

Mengenai merek skincare untuk cowok harganya bervariasi mulai dari 30 hingga 150 ribu Rupiah yang dapat dibeli melalui toko di marketplace maupun pada gerai penjual di mall-mall.

Jadi, tidak hanya cewek, cowok juga perlu merawat kesehatan kulitnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x