Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Plus Minus Dijodohkan

20 Mei 2021   17:24 Diperbarui: 20 Mei 2021   17:51 89 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Plus Minus Dijodohkan
Dijodohkan (sumber: wisegeek.com)

Dulu saat orangtua masih hidup, tiap kali mudik atau komunikasi dengan orangtua, selalu mendapat pertanyaan klasik, "kapan nikah?", "sudah dapat pacar belum?". Bila ketemu dengan teman-teman dekat, juga sering ditanya "mau dikenalin janda atau gadis?"

Maksud baik orangtua, kerabat dan teman-teman perlu diapresiasi. Namun Anda juga perlu bersikap jujur agar mereka tidak kecewa. Hal yang perlu di lakukan adalah:

1. Minta dikenalkan sebagai teman biasa, jangan diembel-embeli calon pasangan yang baik, karena biasanya hubungan akan tertutup dan penuh kepalsuan serta tidak ada keterbukaan. 

Dengan alasan sebagai teman biasa, Anda dapat mengenal watak dan karakter calon yang dijodohkan dengan lebih terbuka. Tidak ada sikap yang ditutupi sehingga Anda dapat memahami plus minus dari calon yang dijodohkan ini.

2. Setelah masa pendekatan dilakukan, harus segera diambil keputusan, lanjut atau jalan di tempat. 

Bila Anda merasa ada kesesuaian dengan calon yang dijodohkan, segera utarakan niat Anda untuk melanjutkan hubungan ke tingkat yang lebih serius. 

Sebaliknya bila Anda merasakan ketidaksesuaian, harap utarakan baik-baik kepada orang yang mencomblangi bahwa ditemukan ketidaksesuaian dan harap dimaklumi bila hubungan hanya sebatas teman.

Anda tidak perlu menjelaskan detil ketidaksesuaian, juga jangan menyebutkan kekurangannya karena akan dinilai kurang etis. Keputusan tentunya juga bisa diambil oleh pihak calon pasangan, bila mau berlanjut mungkin memang dia adalah jodoh Anda. Bila pihak calon pasangan yang merasa tidak sesuai bisa pula dia yang tidak menghendaki hubungan berlanjut dan Anda tidak perlu memaksakan kehendak.

3. Dijodohkan pada prinsipnya baik, anggap saja memperluas jejaring (networking). Hanya dari pengalaman, dijodohkan oleh orangtua cenderung tidak melihat sikap si anak. 

Orangtua lebih cenderung melihat sikap orangtuanya. Bila mereka merasa sesuai dengan sikap orangtuanya lazimnya mereka beranggapan sikap anaknya pasti akan menurun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN