Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mengenal Aneka Mie dari Aceh hingga Papua

27 Maret 2021   13:57 Diperbarui: 27 Maret 2021   13:58 116 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Aneka Mie dari Aceh hingga Papua
Mie Aceh (sumber: brilio.net)

Karena memiliki hobi wisata, maka saya hampir menjelajah seluruh provinsi dan pulau-pulau di seluruh Nusantara. Kegemaran saya selalu ingin mencicipi kuliner khas di tiap daerah yang dikunjungi. 

Dan kebetulan hal ini ditunjang oleh penugasan perusahaan dan organisasi hingga dapat puas mengenali aneka mie yang tersaji di seluruh persada Nusantara.

Tanpa pembukaan panjang lebar marilah.kita awali dari provinsi paling ujung Barat di Indonesia yakni Aceh.

1. Mie Aceh

Bahan dasarnya mie kuning, dengan banyak bumbu rempah yang pedas dan kari, dicampur daging kambing dan makanan hidangan laut seperti udang dan cumi. Ada tiga pilihan mie goreng, mie tumis dan mie kuah. Disajikan bersama sepiring acar dan emping. Kini mie Aceh sudah banyak ditemukan di pulau Jawa.

2. Mie Gomak

Mie khas Sumatera Utara atau Batak Toba ini bentuk mienya tipis panjang, mirip spaghetti atau mie Italia. Disajikan dalam bentuk mie goreng atau mie rebus.

3. Mie Sagu

Mie yang terbuat dari bahan sagu banyak dijumpai di provinsi Riau, biasanya mie terbuat dari bahan terigu. Mie sagu disajikan bersama ikan bilis atau teri, taoge dan daun kucai. Banyak ditemukan di daerah Tebing Tinggi. Mie sagu selain di provinsi Riau juga terdapat di Papua.

4. Mie Lendir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x