Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bila Jatuh Harus Segera Bangun

17 Januari 2021   08:26 Diperbarui: 17 Januari 2021   08:33 113 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bila Jatuh Harus Segera Bangun
Bangkit (esqtraining.com)

Pernahkah Anda menyadari bahwa proses kehidupan manusia berawal dari saat bayi dilahirkan lalu pelan-pelan berusaha berdiri dan berjalan. Mungkin tidak Anda sadari berapa kali harus jatuh bangun sebelum Anda mampu berdiri dan berjalan dengan sempurna.

Seorang anak kecil terus bangkit dari setiap kegagalan, jatuh dan bangun lagi tanpa menyalahkan siapapun bahkan tetap tersenyum.

Seorang penulis buku "Dare to Fail" mengutip sebuah survei bahwa seorang anak mengalami jatuh bangun sebanyak 240 kali hingga mampu berjalan. Seorang anak kecil tanpa berpikir lama akan segera bangun lagi dan bangun lagi, dan  terus mencoba hingga akhirnya mampu berjalan.

Dapatkah Anda bayangkan bila anak itu berputus asa, setelah mencoba sebanyak 100 kali dan gagal. Bila anak kecil ini frustrasi dan berhenti mencoba lagi tentu selama hidupnya dia tidak pernah bisa berjalan.

Jadi, bila Anda banyak mengalami kegagalan dalam kehidupan. Janganlah berpikir selesai sudah kehidupan Anda. Namun sadarilah bahwa kegagalan adalah awal untuk mengubah tindakan Anda yang kurang benar. Bila Anda mengalami kegagalan ingatlah pola anak kecil belajar berjalan, Anda harus menjadi pribadi yang kuat, tidak cepat menyerah dan segera bangkit lagi. Jadi, jangan mudah berputus asa bila menghadapi kegagalan.

Mungkin saat ini Anda sudah berkali-kali mengirimkan surat lamaran kerja dan belum pernah menerima panggilan, atau sebagai wiraswasta Anda sudah menerapkan berbagai strategi bisnis namun selalu gagal. Janganlah cepat berputus asa, berusahalah terus, dengan cara memperbaiki dan meningkatkan hal-hal yang dinilai kurang. Yakinlah, bila Anda selalu memperbaiki kesalahan yang Anda lakukan dengan tekun, pasti suatu saat Anda akan berhasil.

Apakah Anda saat ini sedang mengalami kegagalan dalam hidup ini? Lalu apa yang Anda lakukan?

Jangan menyerah! Tetaplah bekerja dan berusaha guna memberikan hasil yang terbaik.

Ingatlah, ada dua keuntungan dari kegagalan. Pertama, jika Anda gagal, Anda akan mengetahui hal-hal apa yang salah; dan kedua, kegagalan dapat memberi Anda kesempatan untuk mencoba lagi dengan cara yang baru.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan