Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berkatalah Jujur Senantiasa

9 Desember 2020   06:22 Diperbarui: 9 Desember 2020   06:27 84 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkatalah Jujur Senantiasa
Jujur (sumber: ssgi.or.id)

Mark Twain, penulis buku legendaris  "The Adventures of Tom Sawyer" dan "Adventures of Huckberry Finn" pernah berkata "If you tell the truth, you don't have to remember anything (Jika Anda mengatakan kebenaran, Anda tidak perlu mengingat apa-apa). Inti dari kalimat ini sangat sederhana, bila Anda mengucapkan kebenaran, maka tidak perlu ada yang ditutupi. Sebaliknya, bila Anda berdusta, maka Anda harus selalu mengingatnya agar tidak pernah ketahuan bila Anda telah berdusta.

Sekali Anda berdusta, pasti akan melakukan dusta berikutnya. Padahal berdusta itu sangat melelahkan, sebaliknya brrkata jujur sangat melegakan.

Dusta suatu saat pasti terbongkar, karena kebenaran pasti akan mengungkapkan dusta tersebut. Kebenaran pada saatnya pasti akan muncul. Hanya soal waktu saja. Kalimat atau perkataan yang jujur akan bertahan selamanya Kebenaran akan menang selamanya.

Bisa saja orang merasa tidak senang saat mendengar perkataan jujur. Namun kebenaran itu suatu saat pasti akan muncul. Kebenaran tidak akan terpengaruh oleh apapun, termasuk tanggapan siapapun, baik senang maupun tidak senang. Jadi, berkatalah jujur karena merupakan investasi jangka panjang yang mungkin belum tampak dampaknya saat ini

Berkatalah jujur senantiasa dan hidup Anda akan bermanfaat bagi banyak orang.

Semua dusta pasti akan terkuak, semua kebenaran pasti akan terbukti.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x