Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad

29 Oktober 2020   08:53 Diperbarui: 29 Oktober 2020   09:07 25 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad
Maulid Nabi (sumber: shutterstock.com)

Hari ini tanggal 29 Oktober 2020 tarikh Masehi atau tanggal 12 bulan Rabiul Awal tarikh Hijriah adalah waktu untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad. Sebagai nabi besar, Muhammad memiliki banyak teladan yang harus selalu diingat dan ditiru oleh sekalian umat Islam.

Saat memperingati hari lahir Nabi Muhammad, umat Islam melakukan shalawat atau pujian terhadap Nabi Muhammad. Acara shalawat ini sifatnya tidak wajib, terlebih pada era pandemi dimana umat Islam wajib menjaga jarak. Shalawat tidak harus dilakukan di masjid namun dapat dilakukan di rumah masing-masing. Meski sifatnya tidak wajib, bagi yang memperingati hari lahir Nabi Muhammad akan mendapat pahala tertentu.

Memperingati hari lahir Nabi Muhammad ini mulai dilakukan setelah Nabi Muhammad wafat. Tujuannya adalah agar umat Islam senantiasa mengingat dan meneladani sifat Nabi Muhammad sebagai manusia yang sempurna yang telah menurunkan Al Qouran, Hadizt, Sunnah dan memperbaiki ahlak manusia. Sifat Nabi Muhammad yang welas asih, taat sembahyang, sering beriqtifar, berbuat baik terhadap sesama manusia sangat patut untuk diteladani. Dan menjadi sosok yang harus dicontoh pada kehidupan umat Islam sehari-hari.

Empat hikmah atau nilai dalam memperingati hari lahir orang mulia adalah mengucap syukur, meneladani sifat-sifatnya, memuji dan melaksanakan pengajian. Nabi Muhammad adalah utusan Allah untuk memperbaiki ahlak manusia yang pada era Nabi Muhammad sangat buruk. Melalui sifat yang dicontohkan, Nabi Muhammad berhasil mengubah sifat manusia yang buruk menjadi baik. Itulah sebabnya umat Islam tiap tahun selalu memperingati hari lahir Nabi Muhammad agar selalu kembali diingatkan untuk menyelaraskan dengan sikap dan perbuatan Nabi Muhammad semasa hidup di dunia.

Kepada segenap umat Islam di dunia, khususnya umat Islam di Indonesia, selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad  teladani terus kebaikan sikap Nabi Muhammad agar ahlak Anda selalu bertambah baik.

 

 

VIDEO PILIHAN