Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Hati-hati Saat Pesan Tiket Pesawat

12 Juni 2019   09:05 Diperbarui: 12 Juni 2019   09:15 0 3 1 Mohon Tunggu...
Hati-hati Saat Pesan Tiket Pesawat
Citilink (sumber: www.majalahpesawat.com)

Dengan berkembang pesatnya dunia transportasi di Indonesia, kini di beberapa kota sudah memiliki lebih dari satu bandara. Di awali dengan ibukota Republik Indonesia, Jakarta, yang menggunakan dua bandara, yakni bandara Soekarno Hatta (kode bandara : CGK) dan bandara Halim Perdana Kusuma (kode bandara: HLP).

Pernah suatu kejadian, seorang sekretaris kena marah bossnya, gara-gara sopir diminta menjemput boss di bandara, karena tidak disertai informasi yang detil, sopir menjemput seperti biasa ke bandara Soekarno Hatta. 

Ditunggu-tunggu boss tak kunjung datang, dan ternyata boss sedang kesal menunggu di bandara Halim Perdana Kusumah. Peristiwa serupa juga pernah dialami teman kantor yang sedang ditugaskan ke luar kota, dia dengan santainya pagi-pagi standby di bandara Soekarno Hatta, eh ternyata tiket yang dipegangnya pesawat berangkat dari bandara Halim Perdana Kusumah.

Seringnya kejadian serupa, diharapkan Anda atau siapapun yang memesan tiket pesawat harap lebih berhati-hati baik saat memesan melalui ticketing online seperti Traveloka, Tiket.com dan sejenisnya maupun langsung ke situs airline, misal Garuda, Citilink, Batik, Lion dan sejenisnya. 

Saat memesan tiket baik keberangkatan maupun kepulangan, harap memperhatikan bandara yang dipilih. Supaya aman, sebaiknya jangan memilih "All Airports", tetapi tentukan langsung mau pilih CGK atau HLP.

Menyusul Yogyakarta

Setelah Jakarta, kini menyusul kota Yogyakarta yang memiliki dua bandara, yakni bandara Adi Sucipto (kode bandara : JOG) dan bandara Yogyakarta Internasional Airport (kode bandara: YIA).  

Bandara YIA adalah bandara baru di kota Yogyakarta terletak di Kulon Progo, jarak antara bandara Adi Sucipto ke bandara YIA, diperkirakan sekitar 60 KM. Jadi, bila Anda salah menentukan bandara, hampir dapat dipastikan tiket pesawat Anda akan hangus.

Bila tiket pesawat Anda menyebutkan CGK-YIA artinya pesawat berangkat dari bandara Soekarno Hatta dan mendarat di bandara Yogyakarta Internasional Airport. Bila tiket pesawat Anda menyebutkan CGK-JOG, artinya pesawat berangkat dari bandara Soekarno Hatta dan mendarat di bandara Adi Sucipto. 

Sedangkan bila tiket pesawat Anda mencantumkan HLP-YIA artinya pesawat berangkat dari bandara Halim Perdana Kusuma dan mendarat di bandara Yogyakarta Internasional Airport. Bila tiket pesawat Anda tertera JOG-HLP, artinya pesawat berangkat dari bandara Adi Sucipto dan mendarat di bandara Halim Perdana Kusuma.

Buru-buru tidak menjadikan alasan bagi Anda untuk tidak berhati-hati, karena dengan terjadinya kesalahan bandara, Anda akan mengalami kerugian :

1. Beaya pembelian tiket pesawat hangus, dan Anda harus mengeluarkan beaya tambahan untuk membeli tiket pesawat yang baru

2. Kehilangan waktu yang sangat berharga

3. Kekacauan jadwal perjalanan Anda baik di tempat keberangkatan maupun di tempat kedatangan.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan selamat terbang !