Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Konsultan

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Lokasi Wisata Terbaik di Bulan Puasa

16 Mei 2019   05:41 Diperbarui: 16 Mei 2019   06:04 29 1 0
Lokasi Wisata Terbaik di Bulan Puasa
Masjid Cheng Ho Palembang (dokpri)

Selama bulan puasa, Anda harus tetap bugar. Jadi jangan terlalu banyak tidur dan berdiam diri, lakukan aktivitas asalkan jangan langsung terkena sinar matahari.

Agar tidak suntuk dan stress, Anda perlu berwisata. Carilah lokasi terdekat dengan tempat tinggal Anda pada awal puasa, dan bila Anda sudah lebih terbiasa, boleh ke lokasi yang sedikit lebih jauh. Yang penting jangan terlalu lelah dan jangan sampai membatalkan puasa Anda.

Beberapa lokasi yang dapat Anda kunjungi diantaranya :

1. Perpustakaan

Mengunjungi perpustakaan pada bulan Ramadhan sangat tepat, karena tidak menguras tenaga Anda, sebaliknya menambah wawasan Anda. Dengan asyik membaca, tanpa terasa waktu buka sudah menjemput Anda.

2. Museum

Hampir mirip dengan perpustakaan, mengunjungi Museum juga salah satu pilihan yang tepat guna menambah wawasan. Hanya saja kunjungan ke Museum lebih banyak aktivitas jalan kaki. Melalui Museum, Anda dapat mengenal sejarah dan seluk beluk benda yang ditampilkan.

Museum Batik akan mengenalkan Anda pada macam-macam batik, Museum Betawi akan mengenalkan Anda pada budaya Betawi. Museum perangko akan memberikan wawasan mengenai perkembangan dunia filateli atau Museum Bahari yang akan mengenalkan kejayaan Indonesia di lautan. Tentunya masih banyak museum yang tidak perlu ditulis semuanya pada tulisan ini.

3. Wisata Religi

Anda dapat mengunjungi masjid-masjid terkenal, tertua, terbesar, paduan budaya dan lain-lain. Anda dapat mempelajari arsitektur dan sejarahnya. Masjid Cheng Ho (Palembang, Balikpapan, Surabaya) dan masjid Lautse (Jakarta) perpaduan budaya Islam dan Tionghoa. Masjid Kudus yang merupakan paduan Islam dan Hindu.

Wisata religi kadang juga mengunjungi makam-makam keramat, dari para tokoh penyebar agama Islam. Contohnya, Anda dapat mengunjungi makam Habib Cikini.

Anda juga dapat mengunjungi Pusat Kajian Islam untuk meningkatkan ilmu agama Anda.

4. Bioskop atau Theatre

Mengunjungi gedung bioskop asalkan ada film yang baik dapat untuk membunuh waktu, mengunjungi gedung theatre dapat mengasah nilai kesenian Anda, dengan menyaksikan seni tari, seni drama, seni lukis, seni patung dan seni-seni lainnya.

5. Pasar Malam

Pada bulan Ramadhan beberapa daerah di Indonesia banyak yang mengadakan pasar malam yang buka setelah buka puasa. Tentunya asal jangan mengganggu kegiatan sholat tarawih Anda. Dugderan adalah salah satu pasar malam yang menjadi tradisi bagi warga kota Semarang.

6. Luar Negeri

Bila Anda memiliki waktu untuk bepergian ke luar negeri, Anda dapat melaksanakan ibadah umroh atau pergi ke negara-negara Islam guna merasakan suasana bulan Ramadhan yang berbeda.

Beberapa lokasi wisata yang dibahas pada tulisan ini semoga memberikan inspirasi bagi Anda. Tentunya dengan harapan puasa Anda penuh dan tetap bugar selama menjalani ibadah puasa.