Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Alumni UKSW Deklarasi Dukungan Paslon 01

18 Februari 2019   19:42 Diperbarui: 18 Februari 2019   19:44 0 1 0 Mohon Tunggu...
Alumni UKSW Deklarasi Dukungan Paslon 01
Tari Kalimantan Tengah (dokpri)

Minggu 17 Februari 2019 akhirnya menjadi tonggak bergemanya dukungan atas paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dari alumni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga ke seluruh Indonesia. Banyaknya dukungan dari para intelektualitas diawali dari deklarasi dukungan yang dimotori alumni kampus kuning Universitas Indonesia (UI) di GBK Jakarta 12 Januari 2019. 

Dengan adanya deklarasi dukungan paslon 01 oleh alumni UI menggerakkan para alumni UKSW, dan saling bertanya alumni UKSW kapan melakukan deklarasi dukungan untuk Jokowi-Amin. Setelah mundur beberapa kali karena sulitnya mencocokkan dengan agenda Jokowi-Amin, akhirnya Forum Alumni UKSW yang menggagas event ini nekad menyelenggarakan Deklarasi Dukungan Jokowi-Amin tanggal 17 Februari 2019 pada pagi hari di Gedung Pertemuan Daerah Salatiga, meski mengetahui malam harinya akan dilangsungkan Debat Capres II di Hotel Sultan, Jakarta.

Konferensi Pers

Minggu 17 Februari 2019 pagi hari sudah diawali dengan konferensi pers dengan mengambil tempat di Hotel Grand Wahid Salatiga. Para penggagas Deklarasi, Agus Suryono, Chris dan Elman Saragih menjelaskan kepada insan media, bahwa orang baik wajib memilih orang baik. Pasangan Jokowi-Amin merupakan pasangan yang serasi, 

Jokowi yang sudah terbukti sangat merakyat dan mampu mengangkat citra Indonesia di forum internasional, bergabung dengan Ma'ruf Amin seorang tokoh ulama yang juga memiliki keahlian di bidang ekonomi akan saling melengkapi dan mampu membawa Indonesia Maju dan Bermartabat. Penyelenggaraan deklarasi dukungan Jokowi-Amin di Salatiga sangat tepat, selain kota Salatiga adalah kota paling toleran se Indonesia, UKSW sejak didirikan sudah terkenal sebagai Indonesia Mini. 

Di UKSW belajar mahasiswa/i dari seluruh Indonesia, tanpa membedakan suku / etnis dan agama, dan dengan semangat kebangsaan menempa anak didik menjadi sangat toleran. Dengan diselenggarakan di Salatiga, gaung deklarasi dukungan Jokowi-Amin ini akan menggema ke seluruh Indonesia dari alumni UKSW yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia.

Konferensi Pers (sumber: Guntur H)
Konferensi Pers (sumber: Guntur H)
Berjalan kaki meninggalkan hotel (sumber: Guntur H)
Berjalan kaki meninggalkan hotel (sumber: Guntur H)
Berjalan kaki menuju lokasi acara (sumber: Guntur H)
Berjalan kaki menuju lokasi acara (sumber: Guntur H)
Selesai konferensi pers, panitia bersama Prof Mahfud MD dan beberapa alumni UKSW dengan berjalan kaki meninggalkan Hotel Grand Wahid menuju GPD Salatiga. Kedatangan rombongan disambut pagar bagus dan ayu yang mengenakan busana daerah multi etnis yang ada di Indonesia. Serta nyanyian 'Maju Tak Gentar' yang dinyanyikan seluruh hadirin. 

Hadir sekitar 1.500 peserta yang memenuhi GPD Salatiga hingga ke halaman luar. Selain para alumni UKSW dari Salatiga, Jakarta, Lampung, Solo, Kupang dan lain-lain juga hadir alumni Unisba Solo, siswa pondok pesantren di Salatiga, kelompok tani, tokoh-tokoh NU Salatiga, beberapa politisi dari partai pendukung dan masyarakat ProJo Salatiga.

Pada acara ini juga sempat dipersembahkan tarian khas Kalimantan Tengah dan Papua untuk mencerminkan ke Bhinekaan yang ada di kota Salatiga.

Orasi kebangsaan disampaikan Prof Mahfud MD yang mengingatkan semua orang agar jangan Golput, mau pilih siapa saja, silakan, yang penting harus hadir di TPS-TPS pada tanggal 17 April 2019. Karena sebagai negara demokrasi pilpres dan pilleg adalah sarana berdemokrasi yang menjadi tanggung jawab warga negara guna menentukan nasib bangsa Indonesia lima tahun mendatang. Pada akhir orasi kebangsaan, Prof Mahfud MD memberikan tips untuk memilih, buatlah matrix lalu berikan penilaian pada ke 2 paslon, paslon yang mendapatkan nilai tertinggi itulah yang Anda pilih.

Prof Mahfud MD (sumber: Guntur H)
Prof Mahfud MD (sumber: Guntur H)
Deklarasi

Sebagai pejabat negara Prof Mahfud tidak diperkenankan mengikuti deklarasi dukungan, maka setelah menyampaikan orasi kebangsaan meninggalkan tempat acara. Sebelum pembacaan deklarasi dukungan, terlebih dahulu dibacakan dasar dari penyelenggaraan deklarasi dukungan ini oleh Amakira, alumni UKSW dari Kupang dan Bahrudin, tokoh Kelompok Tani Salatiga.

Deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Amin dibacakan seorang gadis warga Salatiga didampingi panitia, alumni UKSW, tokoh-tokoh NU, tokoh petani dan diikuti seluruh peserta yang hadir. 

---

Deklarasi

Dengan ini kami menyatakan bahwa:
1. Pancasila, UUD 1945, dan NKRI adalah harga mati.
2. Kami meyakini kepemimpinan Jokowi-Amin menjamin persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Kami meyakini kepemimpinan Jokowi-Amin membawa Indonesia makmur dan bermartabat.

Oleh sebab itu, kami mendukung penuh Jokowi-Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Demikian deklarasi kami.

Salatiga, Minggu 17 Februari 2019

Kami yang mendeklarasikan
Forum Alumni Satya Wacana dan Masyarakat Salatiga Pro Jokowi-Amin

---
Penyataan dukungan dan sikap politik alumni UKSW merupakan salah satu wujud kebangkitan warga silent majority. Yang diharapkan nantinya akan diikuti oleh komponen masyarakat lainnya. Konon kabarnya nanti akan diakhiri dengan gong yang diselenggarakan di sebuah kampus terkenal di Indonesia.