Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan

Berburu Takjil Favorit di Bazar Ramadhan

17 Mei 2018   06:32 Diperbarui: 17 Mei 2018   06:52 639 0 0
Berburu Takjil Favorit di Bazar Ramadhan
Asinan (sumber: Jakarta Food Traveler)

Bulan Ramadhan tiba, nah kegiatan utama adalah puasa dan buka puasa, disamping makan sahur tentunya. Bila bicara tentang buka puasa, tentu takjil adalah kudapan favorit yang sering diburu oleh mereka yang berpuasa. Takjil diburu karena manis, segar dan nikmat, sangat tepat disantap setelah menahan haus dan lapar sehari penuh.

Pada tulisan ini, akan dibahas asyiknya berburu takjil dan makanan lain di Pasar Benhil (Bendungan Hilir). Pasar Benhil ini menjadi incaran siapapun yang ingin mendapatkan takjil dan makanan untuk berbuka puasa maupun sahur saat bulan Ramadhan tiba.

Bazar Ramadhan Pasar Benhil yang khusus dibuka saat bulan Ramadhan, disitu Anda dapat membeli aneka makanan untuk berbuka puasa, seperti takjil, jajan pasar, asinan dan lain-lain. Letaknya tepat di depan Pasar Jaya dan berlangsung selama satu bulan penuh selama bulan Ramadhan.

Pada siang hari para pedagang mulai sibuk mengeluarkan aneka makanan dan minuman lalu menatanya dalam meja berukuran 3 x 20 meter. Mereka biasanya berdagang hingga menjelang waktu buka puasa. Menjelang sore hari, area Bazar Ramadhan Pasar Benhil mulai ramai, baik warga sekitar, karyawan di sekitar Sudirman, maupun orang-orang yang sengaja berburu makanan untuk berbuka puasa.

Pada Bazar Ramadhan, Anda dapat membeli aneka kue basah jajan pasar, seperti lemang, tapai, lemper, risoles, kroket, jentik manis, bolu kukus, wajik, kue lumpur, kue ape, onde-onde dan masih banyak lagi. Juga tersedia aneka bubur, seperti bubur sumsum, bubur candil, bubur ketan hitam, bubur mutiara, kolak, dan lain-lain. Salah satu bubur yang banyak diburu orang adalah bubur kampiun.Bubur kampiun adalah bubur khas Minangkabau, yang merupakan campuran bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur candil dan kolak pisang.

Kudapan yang dijajakan bermacam-macam dan rata-rata dijual dengan harga yang pas di kantong, dari kisaran harga Rp 2.000-2.500. Ada juga aneka kue basah seperti cucur, serabi, lemper, wajik dengan harga Rp 2.500-3.000 per buah.

Untuk menuju Bazar Ramadhan Pasar Benhil disarankan jangan membawa kendaraan roda empat, karena akan menambah kemacetan. Sebaiknya Anda menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta atau ojek online, lalu berbelanja sambal berjalan kaki.

Yuk berburu makanan untuk berbuka puasa, di Bazar Ramadhan Pasar Benhil Jakarta Pusat. Dengan harga murah meriah dan menu yang bervariasi, Anda dapat mengatur jenis kudapan buka puasa yang dibeli, agar tidak bosan selama sebulan penuh. .