Pada tahun 2025, UIN STS JAMBI mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program ini mencakup KKN Mandiri dengan beberapa opsi, salah satunya adalah KKN membangun kampung kito. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi sarana krusial bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi langsung di masyarakat, terutama di desa sendiri. KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah program pendidikan yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa dengan mengaplikasikan ilmu dan keterampilan mereka di masyarakat secara langsung
Perkenalkan nama saya Susan Diyani mahasiswa dari fakultas tarbiyah dan keguruan, prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah berhubung tempat lokasi KKN di tentukan oleh mahasiswa jadi saya memilih tempat asal kabupaten saya sendiri yaitu di Jalan Padang Lama Desa Balai Rajo Kecamatan VII koto Ilir Kabupaten Tebo,  desa tempat saya kkn tersebut di desa teman saya yang jaraknya berdekatan dengan desa tempat tinggal saya, kami berjumlah 4 orang  tetapi dengan proker masing masing
Dokumentasi Minggu Pertama
Pada tanggal 7 agustus 2025 kami sudah melaksanakan kkn di hari pertama. Saya ikut berbaur dengan masyarakat disana walaupun proker saya di sekolah tetapi saya juga mengabdi pada masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan di desa tersebut. Di minggu pertama kkn tersebut Saya masi pengenalan dengan para perangkat desa beserta staf nya yang lain. Saya mengisi kegiatan kkn di minggu pertama tersebut di kantor desa saya ikut  berkontribusi dan membantu kegiatan di tengah kehangatan kebersamaan , saya juga membantu mengisi acara waktu ada kegiatan rapat, saya  juga ikut berkontribusi melakukan kegiatan di kantor camat seperti rapat untuk acara 17 agustus dan juga datang ke sekolah tempat saya  melaksanakan proker kami berjumlah 4 orang dengan proker berbeda saya berdua dengan teman saya melakukan proker di SDN 05/ VIII Balai Rajo kemudian teman saya yang dua nya lagi melakukan proker di SMP.N 16 Balai Rajo di minggu pertama tersebut kami minta izin terlebih dahulu ke kepala sekolah nya bahwa di tanggal 14 kami akan mulai mengabdi di sekolah tersebut , pada minggu pertama saat kami datang di SDN 05/VIII balai rajo kepala sekolah nya tidak ada hanya beberapa guru yang ada, gurunya menyuruh datang di minggu depan nya lagi saat siswa masuk sekolah selanjutnya saya ikut ke SMP.N 16 Balai rajo bersama teman saya yang mengambil proker di sana kepala sekolah dan guru guru yang lain menyambut kedatangan kami dengan baik kami diminta datang di hari senin depan nya tepat di minggu kedua untuk membantu pembukaan  MPLS tahun ajaran baru 2025/2026 di tanggal 14 agustus 2025
Pada minggu kedua nya saya ke smp.n 16 balai rajo ikut membantu melaksanakan kegiatan MPLS tahun ajaran baru 2025/2026 saya sangat senang karena guru nya menyambut  dengan baik dan mempercayai  dalam mensukseskan MPLS tersebut di minggu kedua tersebut saya juga ikut serta mengisi kegiatan kkn di kantor desa selepas pulang dari smp, di minggu pertama saat saya datang ke sd untuk menemui kepala sekolah nya kemarin kan tidak ada jadi saya  menemui nya di minggu kedua kkn saat saya datang lagi ke SDN 05/VIII Balai Rajo kebetulan ibu kepala sekolah nya ada dan saya  memperkenalkan diri terlebih dahulu dan izin untuk mengabdi di sekolah tersebut dengan proker yang telah saya siapkan,yaitu dengan tema "Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model PAIKEM di SDN 05/VIII Balai Rajo " Metode PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) PAIKEM adalah pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered learning). Pembelajaran PAIKEM memungkinkan siswa mengalami, menghayati, dan menarik pelajaran dari pengalaman mereka. Siswa didorong untuk menjadi lebih kreatif. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang di lakukan oleh (Abdul Malik, 2020) tentang  penerapan model paikem dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Ibu kepala sekolah nya mengizinkan saya untuk menjalankan proker di sana saya disuruh ngajar di kelas 6, saya mempersiapkan kan modul ajar dan media atau alat peraga untuk membantu saat mengajar dan saya juga mempersiapkan strategi mengajar untuk  meningkatkan keaktifan siswa saya sangat bersemangat mempersiapkan nya besok pagi nya saya datang ke sekolah ngajar di hari pertama saat itu saya memperkenalkan diri, saat pembelajaran di mulai saya melihat bahwa siswa nya tidak ada yang mau bertanya dan tidak berani untuk maju kedepan, saya berusaha mempelajari karakter anak bahwa setiap anak gaya belajarnya berbeda, tujuan saya untuk meningkatkan keaktifan siswa jadi saya harus mempersiapkan strategi sebelum saya mengajar, sebelumnya saya sudah mempersiapkan media atau alat peraga untuk mengajar saya mengajak mereka bermain sembari belajar pada pembelajaran tersebut saya menggunakan n fokus dan video pembelajaran, saya juga membuat media smart boxs berupa permainan dan mengaitkan materi pembelajaran ke permainan tersebut saat alat peraga itu digunakan dalam pembelajaran serta menerapkan strategi yang sudah saya buat dalam pembelajaran itu siswanya mulai aktif dan antusias ingin maju kedepan ingin mencoba games pembelajaran tersebut.
Dokumentasi Minggu Ketiga
Di minggu ketiga saat saya mengajar siswanya sudah mulai aktif sesuai dengan model pembelajaran yang saya gunakan yaitu pembelajaran aktif inovatif kreatif dan menyenangkan, saya mengajak mereka bermain sambil belajar , disana saya juga membantu kegiatan acara hari anak nasional yaitu mengadakan lomba seperti lomba puisi, tari , dan solo song , anak anak SDN 05/VIII Balai Rajo anak anak yang berprestasi mereka sangat antusias untuk mengikut lomba tersebut, lomba nya di adakan pertandingan antar kelas disana  saya membantu kegiatan acara nya sebagai MC sekaligus menjadi juri, guru gurunya sangat baik mereka mempercayakan saya untuk berpasitipasi pada kegiatan acara tersebut, setelah pulang dari sekolah saya lanjut melakukan kegiatan kkn di kantor desa untuk membantu pekerjaan atau jika ada kegiatan kebetulan kemarin ada rapat mengenai rembug stanting untuk ibu ibu di desa balai rajo yang sedang hamil atau ibu yang mempunyai anak balita
Dokumentasi Minggu Keempat
Pada minggu ke empat saat saya mengajarkan mata pelajaran matematika menggunakan pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan saya menghubungkan pelajaran tersebut ke lingkungan sekitar contoh nya materi bangun datar saya mengajak mereka mengukur bangun datar di lingkungan sekitar dan mencari hasilnya saya membuat kelompok diskusi menjadi 4 kelompok mereka mencari macam macam bangun datar dilingkungan sekolah dan mengukurnya mereka sangat antusias dan saling bekerja sama dengan kelompok nya mereka terlihat aktif sekali dalam pembelajaran tersebut karena mereka bisa bermain sambil belajar tidak hanya terfokus dalam pembelajaran yang monoton sehingga membuat mereka bosan , setelah mengajar di sekolah pulang nya saya datang ke masjid saat itu ada penceramah yang datang saya ikut membantu disana berkumpul bersama ibu ibu masyarakat desa balai rajo ikut serta dengan mereka untuk mempersiapkan acaranya, disana saya banyak mengobrol dan berbincang bincang hangat dengan ibuk ibuk dan bapak bapak masyarakat desa balai rajo masyarakat nya sangat memotivasi saya sangat senang bisa di kkn di desa tersebut.
Dokumentasi Minggu Kelima
Pada minggu kelima saya mengajar siswa membuat kerajinan ecoprint saya di minta ibu kepala sekolah untuk mengajarkan siswa membuat kerajinan karna siswa tersebut masi kurang kreativitas nya, saya mengajarkan mereka membuat kerajinan membatik menggunakan daun, daun nya di pukul kan ke kain secara perlahan dan motif nya nanti akan muncul di kain tersebut lalu di keringkan, siswa nya terlihat sangat antusias saat membuat kerajinan tersebut seperti nya mereka senang dengan pembelajaran yang jika di praktekan lansung mereka saling bekerja sama dengan kelompoknya , besok paginya saya mengajak mereka praktek dalam pelajaran IPA yaitu tentang perubahan wujud zat mereka saya ajak praktek membuat eskrim untuk melihat bentuk perubahan wujud zat mereka sangat aktif dan bersemangat seperti nya model PAIKEM yang saya terapkan pada siswa kelas 6 SDN 05/VIII balai rajo ada perubahan yang positif sesuai dengan tema proker saya yaitu "Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model PAIKEM di SDN 05/VIII balai rajo" model pembelajaran yang saya gunakan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sesuai dengan yang saya harapkan, setelah ngajar di sekolah saya membantu kegiatan ketahanan pangan di desa balai rajo dalam rangka penanaman jagung, dan juga ikut olahraga bersama di polsek VII Koto Ilir desa balai rajo. Sembari saya menerapkan proker di SD tetapi saya tak lupa mengabdi di desa tersebut saya senang sekali mereka selalu mengajak saya dalam semua kegiatan, PEMDES balai rajo beserta masyarakatnya yang begitu ramah Â
Dokumentasi Minggu Keenam
Kemudian di minggu ke enam saya membantu lomba kegiatan pentas seni dalam merayakan hari kemerdekaan di kecamatan VII Koto ilir letak nya bertepatan di desa balai rajo saya ikut serta dalam mempersiapkan acaranya , acaranya di laksanakan lomba antar desa pada 13 sampai 14 agustus 2025, saya juga ikut upacara hari kemerdekaan kecamatan VII Koto Ilir desa balai rajo pada 17 agustus kemarin , dan saya bersama teman teman saya di minta ikut pawai pada 18 agustus di kabupaten yaitu di tebo tengah sebagai perwakilan dari kecamatan yang di ambil dari desa balai rajo untuk ikut karnaval yang mengenakan baju kurung / melayu di sana saya banyak berkenalan dengan teman teman baru tak terasa ternyata itu minggu terakhir saya kkn hari perpisahan pun tiba pertama saya berpamitan kepada kepala sekolah dan para guru di SDN 05/VIII Balai Rajo yang telah mengizinkan ikut serta dan menjalankan proker disana , kemudian saya berpamitan kepada kepala desa beserta beberapa perangkat desa balai rajo karna telah mengizinkan saya mengabdi dan telah menyambut saya dengan baik dan besar ucapan terimakasih saya berkat mereka saya banyak belajar dan bisa menyelesaikan kukerta saya selama 45 hari
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI
Lihat Pendidikan Selengkapnya