Mohon tunggu...
surya laurent
surya laurent Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Geladi Hominisasi 9

9 Desember 2022   15:18 Diperbarui: 9 Desember 2022   15:21 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Laurentius Surya Widianarko

6132001090/Teknik Industri

Geladi Hominisasi dilakukan dalam 3 bagian yaitu pra-gladi, gladi, pasca-gladi. Pada bagian pra-gladi dilakukan dengan mengerjakan sebuah tugas berupa menonton sebuah film dokumenter dan mendegarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Setelah mendengarkan dan menonton saya mengisi Google Form untuk menjawab beberapa pertanyaan. Setelah mengerjakan tugas tersebut, saya mengikuti gladi pada tanggal 3 Desember 2022. Gladi dilaksanakan menggunakan bantuan platform Zoom Meetings dari pukul 8:00 hingga pukul 13:00. Gladi tersebut terdapat 3 sesi yaitu sesi materi, sesi breakout room, dan sesi presentasi. Pada sesi materi, Pak Batu selaku pembawa materi membawakan materi yang bertemakan Indonesia yaitu berbahasa dan logika. Materi tersebut mengajarkan saya untuk menjadi warga negara Indonesia yang mencintai negaranya. Setelah itu, pada sesi breakout room saya berdikusi dengan kelompok untuk membuat sebuah bahan presentasi dengan tema Hari Toleransi Internasional. Pada diskusi tersebut, saya dan kelompok mencari bahan dan metode presentasi yang akan digunakan. Dari hasil diskusi, metode yang kelompok saya gunakan adalah podcast yaitu sebuah siaran dengan cara melakukan tanya jawab dengan narasumber. Selanjutnya saya dan kelompok melakukan presentasi untuk menjelaskan materi sesuai dengan tema yang diberikan. Hasil penilaian yang dilakukan para dosen menyatakan kelompok kurang bagus sehingga tidak lanjut ke babak final.

            Refleksi kegiatan yang saya dapatkan dari gladi Hominisasi yaitu bahwa sosialisasi dengan orang lain merupakan sikap yang harus dilakukan karena kita semua ini adalah manusia yang merupakan mahluk sosial. Sebagai warga negara Indonesia, logika dan penggunaan Bahasa Indonesia merupakan 2 hal yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap warga Indonesia. Hal tersebut dikarenakan logika dan penggunaan Bahasa Indonesia merupakan 2 hal yang saling berkaitan satu sama lain yang tidak bisa dipisahkan. Jika seseorang tidak menggunakan logika saat berbahasa hal tersebut dapat membuat hal-hal yang ingin disampaikan menjadi tidak jelas dan tidak tersampaikan secara baik. Beberapa manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan gladi Hominisasi dari awal hingga akhir yaitu mendapatkan pengalaman baru, mendapat ilmu baru, dan mendapat teman baru. Dari kegiatan ini saya dapat mengembangkan kemampuan saya untuk berbahasa dan berpikir secara logis sebagai warga negara Indonesia yang baik.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun