Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mana yang Benar: "pengkaderan" atau "pengaderan"?

16 September 2022   08:01 Diperbarui: 16 September 2022   08:03 80 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Mana yang Benar: "pengkaderan" atau "pengaderan"?

Sering kita dihadapkan pada dua pilihan yang memerlukan pemikiran jernih. Ada dua kata berimbuhan peN-an yang menimbulkan problema pada benak kita, misalnya kata pengkaderan atau pengaderan. Dalam tulisan-tulisan yang kita baca, ada penulis yang menggunakan kata pengkaderan. Semakin sering kita baca tulisan orang dengan kata seperti itu, pasti dalam benak kita sudah terekam bahwa kata tersebut yang populer. Apakah kata yang populer pasti sesuai EYD atau KBBI?

Untuk memenuhi keingintahuan kebenaran penulisan mana yang benar sesuai pedoman EYD, kita perlu membuka buku rujuan atau Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dengan membuka dua rujukan tersebut, kita akan memperoleh gambaran yang jelas, kata mana yang benar.

Jika kita membuka-buka lagi teori hukum k,p,t,s akan cepat dapt menjawab dengan melihat huruf pertama kata dasarnya, yaitu kader. Sangat jelas sekali bahwa huruf pertama termasuk hukum k,p,t,s sehingga konsonan k luluh menjadi ng.

peN-an + kader = pengaderan

peN-an + kupas = pengupasan

peN-an + kikis = pengikisan

peN-an + kosong = pengosongan

peN-an + kencang = pengencangan

Dengan mencarikan contoh kata-kata dasar yang sejenis, kita akan semalkin yakin  bahwa hukum k,p,t,s memang benar adanya.

Penajam Paser Utara, 16 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan