Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Untuk apa sembuhkan luka, bila hanya tuk cipta luka baru? (Supartono JW.15092016) supartonojw@yahoo.co.id instagram @supartono_jw @ssbsukmajayadepok twiter @supartono jw

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Cara Benaya Tiarno Memotivasi Anak Muda melalui @aesteuticc

22 Juli 2019   00:00 Diperbarui: 22 Juli 2019   00:09 0 1 0 Mohon Tunggu...
Cara Benaya Tiarno Memotivasi Anak Muda melalui @aesteuticc
Sumber: Dokumen Pribadi


Bila mengingat masa silam, tentu masih lekat dalam ingatan kita bahwa segala ungkapan keresahan, kegagalan, kepahitan, nestapa, kegembiraan, hingga perasaan jatuh cinta seseorang sering kali dituangkan dalam catatan harian (Diary).
Bahkan kumpulan catatan harian seseorang begitu dijaga dan disimpan melebihi harta karun dan emas berlian.

Namun kini apa yang terjadi ketika kehadiran teknologi digital sudah bukan hanya melekat dalam keseharian masyarakat?

Catatan harian tidak lagi digembok dan dikunci, sebaliknya justru segala hal menyangkut keresahan dan kegelisahan seseorang malah diumbar di media sosial (Medsos).

Bahkan aksi-aksi meluapkan emosi di media sosial didorong oleh sejumlah alasan. Dilansir The Times of India, perasaan terluka atau kemarahan seseorang mendorong orang-orang untuk menuliskan cerita personal mereka di internet.

Saat kesabaran orang tandas, platform-platform media sosial hadir sebagai medium yang melanggengkan emosi negatif.

Bahkan sebuah penelitian di Cina juga menyatakan, kemarahan lebih cepat disebarkan di dunia online dibanding emosi lain seperti kesedihan atau kegembiraan.

Karakteristik media baru yang memungkinkan cepatnya respons diterima juga memicu pemilihan media sosial sebagai tempat meluapkan emosi.

Ketika orang menuliskan pengalamannya di media sosial, yang diharapkan adalah seluruh mata pengikut akunnya tertuju kepada dia.

Validasi eksternal berupa ungkapan simpati atau dukungan sampai popularitas adalah hal yang mungkin dikejar mereka yang gemar berkisah tentang hal privatnya di media sosial.

Pemilihan medsos sebagai diary masa kini juga dikarenakan, medsos sudah berperan sebagai wadah katarsis ketika orang sedang mengalami emosi-emosi tertentu. Menyalurkan isi kepala dan perasaan memang menjadi jalan yang positif bagi kesehatan jiwa.

Terkait dengan fenomena hadirnya diary digital (baca: medsos), ternyata kini sedang viral akun Instagram yang menayangkan dan memposting tulisan-tulisan yang mewakili perasaan hati anak-anak muda.

Sejatinya banyak akun sejenis yang bermunculan, namun ada satu akun yang sedang ngetop, viral. Dia adalah @aesteuticc.

Kini anak-anak muda sudah menjadi bagian dari akun ini,  memfollow akun yang sedang hits pada saat ini.

Lalu siapa di balik @aesteuticc itu? Ternyata Foundernya adalah  Benaya Tiarno (@benayatiarno). Benaya anak muda kelahiran tahun 2000 yang kini masih  menimba ilmu di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Jurusan Sistem Informasi, semester 3.

Sebagai admin akun Aesteuticc, awalnya hobi menulis adalah sebuah ke isengan untuk mengisi waktu kuliah sekaligus untuk relaksasi dan santai.

Namun buah dari keisengannya, ternyata di luar dugaan. @aesteuticc kini malah sudah memiliki lebih dari 750 ribu pengikut di instagram.  Bahkan Benaya sendiri sudah memiliki lebih dari 65 ribu pengikut di Instagram pribadinya.

Hal yang di luar dugaan, sebab awalnya, Benaya hanya berpikir bahwa banyaknya anak muda yang galau sehingga membuat begitu mudahnya pikiran dan hati mereka menjadi frustasi serta merasa bahwa dirinya gagal dan tidak berguna, maka atas latar belakang tersebut, Benaya mencoba membuat halaman kata-kata singkat di sosial media instagram demi untuk menangkan hati banyak orang yang merasa galau sehingga mereka percaya bahwa mereka tidaklah sendiri.

Atas kondisi yang ada, lahirnya @aesteuticc sendiri adalah untuk membuat para remaja yang galau karena sebab percintaan dan pencapaian mereka yang kurang sempurna, dapat merasa sedikit terhibur dengan adanya kalimat motivasi singkat.

Hadirnya @aesteuticc, kedepannya Benaya berharap agar akun ini terus bisa berkembang, dapat berkontribusi membantu anak muda/ramaja agar lebih termotivasi menjalani kehidupannya, tidak merasa gagal dan putus asa, sebab ada @aesteuticc yang mendampinginya.


KONTEN MENARIK LAINNYA
x