Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat

Untuk apa sembuhkan luka, bila hanya tuk cipta luka baru? (Supartono JW.15092016) supartonojw@yahoo.co.id instagram @supartono_jw @ssbsukmajayadepok twiter @supartono jw

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala AFF U-15 Hanya Dijadikan Ajang Uji Coba oleh PSSI?

13 Juli 2019   09:22 Diperbarui: 13 Juli 2019   09:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Piala AFF U-15 Hanya Dijadikan Ajang Uji Coba oleh PSSI?
Sumber: Bola.com

Bagaimana Timnas akan berprestasi di ajang Piala AFC U-16 2020, bila ajang Piala AFF U-15 2019 hanya dijadikan ajang uji coba? Katanya PSSI mau semua level Timnas dari U-15 hingga senior berprestasi, bahkan difokuskan pada level Timnas usia muda.

Tengok bagaimana persiapan Timnas U-15 yang hanya tersisa dua pekan lagi tampil dalam Piala AFF U-15 di Chonburi, Thailand, 27 Juli hingga 9 Agustus2019, masih belum meyakinkan.

Bahkan terbatasnya waktu, skuat yang tidak diisi pemain seperti yang diharapkan, dan minimnya waktu persiapan hingga Timnas besutan Bima Sakti baru melakoni tiga kali laga uji coba dengan tim lokal, selalu kesulitan memenangi laga dan mencetak gol.

Rasannya Timnas U-15 sekarang adalah tim yang setali tiga uang. Sudah pelatih belum memiliki banyak pengalaman, pemain juga masih diragukan, maka melawan tim sekelas Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Bogor yang baru saja menjadi juara wilayah 1 kualifikasi Popwilada Jabar beberapa waktu lalu, Garuda Muda harus takluk 0-1.

Sebelum partai uji coba versus PPLPD Kabupaten Bogor, Timnas U-15 juga kesulitan menghadapi tim LKG  Kompas dan bermain imbang 0-0 serta hanya mampu unggul 1-0 saat meladeni SKO Ragunan dalam trofeo sebelum Idul Fitri di Stadion Pajajaran Bogor.

Dengan waktu yang tersisa, dan skuat Timnas tetap tidak ada perubahan, maka jika PSSI jauh hari sudah menghibur diri bahwa ajang Piala AFF hanya sebagai uji  coba, sudah salah kaprah.

Apakah Federasi sepakbola negara lain peserta Piala AFF juga hanya menjadikan ajang ini sebagai uji coba Timnas U-15 negara mereka?

Sementara, PSSI terkesan meremehkan Piala AFF dan tidak tertarik menjadi juara, atau sadar bahwa Timnas U-15 memang diragukan?

Pernyataan PSSI untuk menjadikan ajang Piala AFF, sejatinya telah menciderai harapan publik sepak bola nasional yang selalu berharap ketika Timnas berlaga dalam event internasional dan sudah membawa nama negara, tidak ada kata lain, targetnya adalah juara, prestasi!

Apa yang akan terjadi dengan Timnas U-15 dengan materi pemain yang kini ada, sementara uji coba dengan tim lokal yang usianya sama saja kesulitan memenangi laga dan kesulitan mencetak gol.

Bila tim PPLPD Kabupaten Bogor sebagian pemainnya kelahiran 2003, maka dengan digit perbedaan satu tahun dengan usia pemain Timnas, maka seharusnya pemain berlabel Timnas tidak akan kesulitan menghadapi semua lawannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2