Soenarto Aloysius
Soenarto Aloysius Alumnus USD

saya ingin belajar menulis...

Selanjutnya

Tutup

Muda

Robotik untuk Promosi Sekolah, SMP Santo Yosef Lahat

13 Januari 2018   13:19 Diperbarui: 13 Januari 2018   14:47 233 1 1
Robotik untuk Promosi Sekolah, SMP Santo Yosef Lahat
20180112-5a59a455cbe5235fc94c4362.jpg

Teknologi bagi generasi zaman now merupakan kebutuhan yang sangat mendasar, karena setiap hari manusia disandingkan dengan berbagai macam produk yang dihasilkan oleh teknologi itu. SMP Santo Yosef Lahat misalnya, dalam setiap pembelajaran di kelas maupun di luar kelas pasti menggunakan produk hasil teknologi seperti infocus, speaker, komputer atau lainnya. Nah, hari Jumat (12/01/2018) ini Tim Promosi SMP Santo Yosef Lahat berkesempatan memamerkan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran sehari-hari kepada siswa kelas 6, SD Negeri 9 Lahat.

Kali ini, tim promosi sekolah yang terdiri dari 4 orang mengunjungi SD tersebut untuk mempromosikan sekolah sekaligus menginformasikan kepada siswa kelas 6 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Santo Yosef Lahat telah dibuka dan dapat membeli formulir pendaftaran. Tim ini pun disambut dengan hangat oleh para guru kelas 6 yang telah menunggu. Tak lama berselang acara pun dimulai, tepat pukul 08.00-10.30 WIB, acara ini dipandu oleh Mam Xaveri Diah, M.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru yang terkenal energik dan fasih berbahasa Inggris ini mengajak para siswa untuk bersemangat mengikuti acara dengan guyonan khas orang Lahat sehingga mengundang gelak tawa.

Acara berikutnya dilanjutkan oleh Sir Roni Wijayanto, S.Psi. selaku wakil kepala sekolah bidang humas dan sarana prasarana yang memaparkan mengenai proses kegiatan belajar mengajar (KBM), prestasi siswa dan fasilitas sekolah. Banyak hal yang disampaikan kepada sekitar 63 siswa yang hadir saat itu. Materi yang disampaikan adalah proses KBM diseluruh kelas menggunakan infocus, speaker dan laptop (disini banyak sekolah yang belum menggunakan), ruang kelas dan toilet yang bersih, area yang cukup luas, serta berbagai prestasi dari ekstrakurikuler unggulan maupun non unggulan seperti Marching Band dan Jurnalistik.  Terakhir, materi dari  Sir Agung Nugroho, S.T. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Pada sesi ini saya menjadi asisten beliau karena materinya banyak praktek, yaitu dengan memamerkan produk teknologi masa kini, yaitu robot. Robotik merupakan kegiatan ekstrakurikuler baru yang ada di sekolah ini maupun di kabupaten Lahat.

 Robot yang dibuat berbentuk mobil atau biasa disebut robot line follower,yaitu robot yang dapat bergerak mengikuti garis secara otomatis. Setelah diperagakan tentang perakitan dan cara kerja robot ini, para siswa diajak untuk merakit dan melakukan tes drive dilintasan yang telah disediakan, alhasil mereka nampak senang dan kagum dengan robot itu. Meskipun sederhana namun bagi mereka ini sangat menyenangkan karena mendapat pengalaman baru.

20180111-133323-5a59a41bab12ae7ba978b1b2.jpg
20180111-133323-5a59a41bab12ae7ba978b1b2.jpg
 Itulah sedikit cerita mengenai promosi sekolah di SD Negeri 9 Lahat, semoga para siswa disana tertarik melanjutkan sekolah di SMP Santo Yosef Lahat dan orangtua menyetujui keinginan anaknya. Karena SMP Santo Yosef Lahat masih sekolah terbaik di daerah ini.

Salam.