Mohon tunggu...
Sumberagung Sumberbaru
Sumberagung Sumberbaru Mohon Tunggu... Lainnya - Desa Sumberagung

Webiste Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kolaboratif 124: Pemberdayaan Ibu-Ibu Posyandu untuk Wujudkan Desa Mandiri Data Melalui Sosialisasi DTKS

3 Agustus 2022   19:20 Diperbarui: 3 Agustus 2022   19:42 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

JEMBER -- Pada Senin (01/08/2022), mahasiswa KKN 124 yang tergabung dalam program KKN Kolaboratif Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Jember Periode II Tahun 2022 menyelenggarakan sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kepada ibu-ibu Posyandu Sumberagung. 

Sosialisasi tersebut berlangsung pada pukul 09.00 -- 12.00 siang dengan mengusung tema 'Pemberdayaan Kader Posyandu untuk Membangun Desa Mandiri Data melalui Aplikasi DTKS Pemerintah Kabupaten Jember'.

DTKS merupakan basis data yang digunakan oleh pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat, sehingga sangat diperlukan data yang valid agar penyaluran bantuan dapat merata dan tepat sasaran. 

Faktanya, penyaluran bantuan tersebut masih saja banyak yang tidak tepat sasaran, termasuk di Desa Sumberagung. "Belum merata, sebab ada yang layak menerima tapi belum menerima bantuan," tutur Komsiyatun selaku Kader Posyandu Sumberagung pada (02/08/2022). 

Sosialisasi DTKS tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar terkait DTKS dan cara kerja aplikasi DTKS Jember dalam proses verifikasi dan validasi (verval) data kemiskinan. Lebih jauh, melalui sosialisasi ini, kelompok KKN Kolaboratif 124 turut serta menggandeng ibu-ibu posyandu Desa Sumberagung dalam proses verval nantinya.

Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengoptimalkan peran aktif masyarakat, yakni ibu-ibu Posyandu dalam pemutakhiran dan penataan data kemiskinan berbasis TIK di Sumberagung, sehingga penyaluran bantuan sosial dapat merata dan tepat sasaran. 

"Harapannya yaitu semoga keluarga yang belum dapat dan layak sebagai penerima mendapatkan bantuannya," harap Komsiyatun. Ibu-ibu posyandu juga diharapkan dapat menjadi e-numerator, sehingga program tersebut dapat terus berlanjut hingga mewujudkan Desa Sumberagung sebagai desa mandiri data.                                                                                         

Kunjungi Universitas Jember dan LP2M Universitas Jember untuk informasi menarik lainnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun