Pasar adalah tempat di mana penjual dan pembeli berkumpul untuk melakukan transaksi jual-beli secara langsung. Secara ilmiah, pasar digolongkan dalam empat kategori yang dikenal sebagai "struktur pasar". Struktur pasar adalah penggolongan pasar berdasarkan karakteristik tertentu, seperti jenis produk yang diproduksi. Pasar terdiri dari empat jenis struktur: pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, dan pasar oligopoli. Pasar persaingan sempurna tidak memiliki kuasa pasar atau pelaku ekonomi yang dapat mempengaruhi harga yang berlaku. Jadi, baik konsumen maupun produsen berfungsi sebagai penentu harga.
Harga di pasar persaingan sempurna dipengaruhi oleh permintaan, atau permintaan, dan supply, atau supply, antara penjual dan pembeli. Karena output perusahaan lebih kecil daripada output pasar, harga tidak berubah sebanding dengan jumlah barang yang dijual oleh perusahaan. Penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga secara otomatis ditentukan oleh pasar.
Berikut adalah analisis dasar dari permintaan dan penawaran dalam pasar kompetitif:
1. Permintaan
Jumlah barang atau jasa yang konsumen bersedia dan mampu beli pada berbagai tingkat harga dalam jangka waktu tertentu disebut permintaan. Hukum Permintaan: Jumlah yang diminta akan berkurang ketika harga naik dan sebaliknya. Dalam kebanyakan kasus, kurva permintaan miring ke bawah, bergerak dari kiri atas ke kanan bawah.
Dalam analisis ilmu ekonomi, model pasar yang paling umum adalah pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana banyak produsen dan pembeli, produk seragam dan produsen tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga produsen yang menjual barang dengan harga lebih tinggi akan ditinggalkan konsumen. Dalam pasar ini, harga pasar benar-benar dihasilkan oleh kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.
Pasar persaingan sempurna adalah industri di mana tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang dapat memengaruhi keadaan pasar. Dalam buku Adam Smith yang berjudul An Inquiry into The Nature and Causes of The Wealth of Nations, dia mengatakan bahwa setiap rumah tangga dan perusahaan yang berinteraksi di pasar merasa seperti mereka digerakkan oleh suatu kekuatan atau tangan yang tidak tampak. Dengan demikian, interaksi pasar dapat menghasilkan hasil yang diinginkan.Â
Harga barang dalam pasar persaingan sempurna dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran antara pembeli dan produsen. Pembeli memberikan permintaan tentang karakteristik barang yang akan dibeli, sedangkan pembeli memberikan nilai barang yang akan dijual. Salah satu contoh keseimbangan harga adalah perubahan nilai antara keduanya. Jumlah perusahaan yang terlibat dalam analisis jangka pendek pasar tidak berubah.
2. Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang dapat dijual oleh produsen pada tingkat harga yang berbeda selama periode waktu tertentu. Hukum Penawaran: Kuantitas barang yang dijual cenderung naik ketika harga naik, dan sebaliknya. Dalam kebanyakan kasus, kurva penawaran miring ke atas, bergerak dari kiri bawah ke kanan atas.
3. Keseimbangan Pasar
Ini terjadi ketika jumlah yang ditawarkan dan diminta sama. Di sini, harga keseimbangan adalah harga pasar stabil dan harga pada titik keseimbangan; kuantitas keseimbangan adalah jumlah barang atau jasa yang diperdagangkan pada harga ini. Dalam pasar kompetitif, harga dan kuantitas barang ditentukan oleh interaksi antara permintaan dan penawaran. Kurva-kurva ini akan berubah jika perubahan terjadi pada faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Akibatnya, harga dan kuantitas keseimbangan akan berubah.