Mohon tunggu...
Sukma HidayatulAsiqoh
Sukma HidayatulAsiqoh Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Mengulang-ulang doa seperti halnya menggayuh sepeda, yang suatu saat pasti akan sampai tujuan yang diinginkan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Modern

28 Maret 2020   19:55 Diperbarui: 28 Maret 2020   20:11 7 0 1 Mohon Tunggu...

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang ditempuh oleh manusia untuk menemukan bakat minat dalam mencari jati diri. Selain itu, pendidikan juga sangat berpengaruh dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik agar menjadi lebih baik.

Dalam proses pendidikan Peran guru sangatlah penting, karena dengan adanya guru atau pendidik dapat mewujudkan upaya dalam membentuk mendorong memotivasi dan menginspirasi peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengetahui bakat dan minat, memperbaiki sikap dan perilaku, dan memahami materi pembelajaran yang telah diajaran oleh guru. Oleh karena itu, menjadi seorang guru yang profesional sangatlah diharuskan.

Tidak cukup itu saja, pada era sekarang ini merupakan pendidikan era modern yang selalu berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di mana semua proses kegiatan manusia selalu berkesinambungan dengan teknologi. Dalam pendidikan juga ditekankan pada guru atau pendidik untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi sekreatif mungkin dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran.


Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan :
1. TIK sebagai ketrampilan (skill) dan kompetensi
2. TIK sebagai instruktur pendidikan
3. TIK sebagai sumber bahan ajar
4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pendidikan
5. TIK pendukung manajemen pendidikan
6. TIK sebagai pendukung keputusan.

VIDEO PILIHAN